jump to navigation

Perspektif Dasar Public Relations (1) 27 September, 2007

Posted by mth in public relations.
Tags:
trackback

 Beberapa Pandangan Tentang Public Relations

Humas atau Public Relations akan sangat dipengaruhi faktor-faktor lingkungan dimana Public Relations itu dipraktekkan.

Edward L. Berneys dalam buku Public Relations menyatakan PR memiliki tiga macam arti:

  1. memberi informasi kepada masyarakat
  2. persuasi yang dimaksudkan untuk mengubah sikap dan tingkah laku masyarakat terhadap lembaga demi kepentingan kedua belah pihak
  3. usaha untuk mengintegrasikan sikap dan perbuatan antar lembaga dengan sikap perbuatan masyarakat dan sebaliknya.

Melvin Sharpe (dalam Kasali, 2005: 8-9) menyebut lima prinsip hubungan harmonis:

  1. komunikasi yang jujur untuk memperoleh kredibilitas
  2. keterbukaan dan konsistensi terhadap langkah-langkah yang diambil untuk memperoleh keyakinan orang lain
  3. langkah-langkah yang fair untuk mendapatkan hubungan timbal balik dan goodwill
  4. komunikasi dua arah yang terus menerus untuk mencegah keterasingan dan untuk membangun hubungan
  5. evaluasi dan riset terhadap lingkungan untuk menentukan langkah atau penyesuaian yang dibutuhkan masyarakat.

Empat Unsur Falsafah PR (Rumanti, 2002):

  1. PR sebagai upaya mempengaruhi kemauan individu, golongan, atau masyarakat yang menjadi sasaran dengan maksud mengubah pikiran, pendapat publik secara umum oleh pemerintah
  2. PR ditujukan untuk mendorong atau memajukan usaha-usaha bidang ekonomi. Falsafah ini dipakai oleh badan usaha ekonomi yang mencari keuntungan
  3. PR dengan menggunakan pengetahuan yang luas dan bijaksana bisa dipergunakan dalam pencapaian tujuan
  4. Misi PR yang perlu disampaikan kepada masyarakat diintegrasikan dengan kebutuhan publik.

Gambaran Profesi Public Relations

PR merupakan suatu profesi yang menghubungkan antara lembaga atau organisasi dengan publiknya yang ikut menentukan kelangsungan hidup lembaga tersebut. Karena itu PR berfungsi menumbuhkan hubungan baik antara segenap komponen, memberikan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi. PR pada dasarnya menciptakan kerjasama berdasarkan hubungan baik dengan publik. Dalam PR dibedakan dua macam publik yang menjadi sasaran yakni publik internal dan eksternal.

Menurut Dozier (1992) peranan praktisi humas dalam organisasi  merupakan  salah satu kunci penting  untuk  pemahaman akan fungsi  public  relations  dan  komunikasi  organisasi disamping sebagai sarana pengembangan   pencapaian   profesionalitas  dari   praktisi   humas.

Secara sederhana tugas praktisi kehumasan adalah menjadi penghubung antara lembaga publik dengan masyarakat luas, agar tercapai saling pengertian, kerjasama dan sinergi yang positif antara berbagai pihak yang ada.  Dalam konteks lembaga lembaga publik seperti pemerintah, sejatinya peran melayani dan mengembangkan dukungan publik guna mencapai tujuan organisasi-lah yang sangat penting dimainkan oleh praktisi kehumasan.

Pada konteks ini, maka praktisi humas harus bisa membentuk nilai-nilai, pemahaman, sikap-sikap, sampai perilaku dari publik agar sejalan dengan kebutuhan organisasi. Melalui pengemasan pesan-pesan komunikasi  publik yang lebih banyak berisikan tentang apa dan siapa serta apa manfaat keberadaan organisasi. Pesan-pesan ini dapat dikomunikasikan melalui media massa atau media lain yang dipilih sesuai dengan target sasaran.

Bahan Bacaan :
Abdurrachman, Oemi. 1993. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Citra Aditya Bakti
Effendy, Onong Uchjana. 1999.  Hubungan  Masyarakat.  Suatu   Study  Komunikologis. Cetakan ke lima. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jefkins, Frank dan Daniel Yadin. 1996. Public Relations. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga
Kasali, Rhenald. 2005. Manajemen Public Relations. Jakarta: Grafiti
Moore, Frazier. 2004. Humas, Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: Rosda.
Rachmadi. F. 1994. Public Relations dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Gramedia
Rumanti, Maria Assumpta. 2002. Dasar-dasar Public Relations: Teori dan Praktek.  Jakarta: Gramedia Widiasarana
Soemirat. Soleh dan Elvinaro Ardianto. 2003. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosda Karya.

About these ads

Komentar»

1. navoy - 3 Oktober, 2007

ow..jadi jelas bedalah sama pengertian pemasaran, kalo PR cukup universal, dari mempengaruhi sikap dan prilaju individu, pembantukan pemahaman dll. oke…oke…..

2. mth - 8 Oktober, 2007

selamat atas pemahamannya!

dewi & taufik

3. Alim - 22 Oktober, 2007

alo .. Saya mao tau anada dapat sumber nya dari mana , kalau dari buku , Boleh saya tau nama buku nya … Terima kasih sebelumnya ….

4. mth - 23 Oktober, 2007

Semua dari buku yang kita sebutkan dalam referensi atau bahan bacaan. Bisa dicek di run note, nya. Terima kasih.

5. Yuni - 9 November, 2007

dalam masyarakat awam, masih rancu antara pemasaran dan PR .. Bahkan (maaf) sales yg kerap dtg ke kantor menyebutkan diri sebagai PR. Kalau begini, siapa yg salah ?

6. mth - 9 November, 2007

Tidak ada yang salah. Soalnya benar salah dalam ilmu itu relatif, tergantung masa dan penemuan. bahkan istilah PR pun pernah pasang surut dan mengalami banyak pembelokan. Yang paling salah menurut saya adalah jika orang yang pernah tahu dan belajar PR masih menyebut tentang PR dengan salah. Sehingga mengukuhkan kesalahan persepsi tersebut.
Salam.

7. nurul - 12 November, 2007

mohon bantuan dong!!!
saya sedang menulis laopran PKL berjudul Media Internal Suatu Departemen Pemerintah Melalui Majalah Internal!!! kira2 teori PR apa yang bisa saya gunakan? saya bingung sekali…padahal laporan saya harus selesai bulan desember ini!!! mohon bantu saya!!! terima kasih

8. rumakom - 13 November, 2007

menurut hemat kami, bangunan kerangka teori anda bisa dimulai dari komunikasi organisasi, lantas masuk pada konsep relasi internal dalam PR kemudian tentang media internal. Pendekatan media evaluasi bisa dengan model analisis konten atau juga redership atau studi khalayak. Atau ada yang menambahkan silahkan bisa bantu nurul.
Salam

9. laila - 5 Januari, 2008

mohon bantuan
saya sedang membuat tugas akhir tentang “purel” di tempat hiburan malam dan kesulitan menemukan buku-buku dan literatur-literatur yang berkaitan dengan hal tersebut, apalagi definisinya.Atas segala bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih.

10. meme - 16 Januari, 2008

tolong bantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah ttg PR INTERNAL secara spesifik. masih banyak hal yang belum terlalu saya pahami mengenai PR INTERNAL. kalau bisa dengan contoh real ya……. thx so much

11. rumakom - 17 Januari, 2008

Untuk laila: untuk purel tempat hiburan saya kira bukan masuk dalam purel kajian kehumasan ya? Saya pernah tahu ada beberapa mahasiswa yang mengadakan riset tentang hal tersebut, coba cari di perpustakaan digital milik Universitas Airlangga Surabaya atau Universitas Indonesia. Sepanjang kami ketahui, banyak riset itu dari bidang psikologi. Selamat berburu literatur.

12. rumakom - 17 Januari, 2008

Untuk meme: PR Internal saya kira cukup banyak literaturnya. Buku-buku dalam bahan bacaan mungkin bisa dirujuk agar anda bisa mengetahui lebih mendalam dan mungkin lebih spesifik.

13. orlensi fikom 04 - 18 Januari, 2008

seneng banget ternyata ada bolog yang membahas tentang komunikasi khusunya PR,,jadi bisa sharing tentang setiap masalah kehumasan,,gw lagi membuat laporan PKL niech, tapi di kampus gw laporan PKLnya juga di sidangin jadi sidangnya dua kali,, sidang PKL ma Sidang Skripsi,,gw lagi ngejain laporan PKL tentang Kegiatan Eksternal di Komisi Penyiaran Indonesia melalui konferensi Pers,,teori apa yach yang pas bwat judul gw itu,,tolong bantuannya please……..

14. rumakom - 18 Januari, 2008

kalo teori komunikasinya ya multi step flow comm, terus kalau pendekatan pr-nya bisa jadi pendekatan diseminasi informasi.
Anda bisa merujuk langsung ke buku-buku yang ada dalam bahan bacaan untuk lebih lengkapnya. selamat mengerjakan tugas..

15. CiNdy - 23 Januari, 2008

koq pertanyaan yg ttg 20 teori pr, ga ada jawabannya ya?
saya butuh juga tuh,,,
buat tugas sore ini.
stuck deh..
di buku2 yg udah dbaca ga ada!
tolong yaaa
trima kasih…

16. ekichi ^_~ - 29 Januari, 2008

wow…tahanks bgt atas semua ilmunya bagi pemula kyk aquu he he…ngebantu bgt neh bwt skripsi… ^_~ pngen tau juga dunk all about employee relation dlm perusahaan, itu kan job desc nya PR juga kan…..

17. reno laila fitria - 29 Maret, 2008

Terima Kasih Rumah Komunikasi…artikel kalian banyak membantu publik untuk memahami PR. PR, sebuah kelimuan yang patut dikembangkan dan dikaji lebih dalam. Saya punya usul, bagaimana jika Rumah Komunikasi mengkaji tentang peran PR dalam bidang politik. Sepertinya sudah saatnya dunia politik memandang PR sebagai sesuatu yang penting. Kemudian, boleh juga tuh rumah komunikasi memuat tentang berbagai contoh kasus yang menunjukkan pertentangan yang dialami oleh seorang PRO ketika dia dihadapkan pada situasi krisis yg mengharuskannya memilih antara kepentingan umum dan kepentingan organisasi, dan bagaimana mereka memilih jalan keluar yang sifatnya “win-win Solution” untuk setiap pihak. Terima Kasih banyak Rumah Komunikasi ^_^

18. mth - 2 April, 2008

Jika ada informasi dan pengetahuan yang mau dibagi jangan sungkan untuk mengirim ke kami

salam

mth

19. ridlo - 3 April, 2008

saya senang bisa ikut bergabung,begini saya mau minta tolong, saya kuliah di Undip Semarang jurusan Komunuikasi, saya mau minta tolong bisa gak kirimi data tentang Riset kehumasan, coz saat ini saya sedang mengerjakan tugas tersebut dan sangat minim data, atas kesempatanya saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih.

20. mth - 3 April, 2008

Riset kehumasan di Indonesia ataukah luar negeri. Jika dil luar negeri ada ipra.org, untuk indonesia anda bisa ikut milis tentang public relations

salam

mth

21. ria - 9 April, 2008

Saya sedang menyusun laporan PKL tentang media internal tapi saya bingung dengan materi yang akan saya tulis. kira2 saya bisa baca referensi buku apa ya? apakah ada buku yang secara khusus membahas media internal?

terima kasih, mohon bantuan na

22. aryo - 23 April, 2008

hai kawan…pd bln juli nanti saya akan melakukan PKL di salah satu lembaga pemerintahan di Jogja. tp saya masih bingung apa beda PR di perusahaan dgn PR di lembaga pemerintahan yg lebih sering disebut humas??lalu kegiatan apa aja yg dilakukan PR di lembaga pemerintahan??
semoga tulisan Anda dapat semakin menjadi berkat bagi orang lain. trimakasih….

23. Eka - 19 Mei, 2008

Saya tidak mempunyai latar belakang pendidikan PR, tapi saya tertarik dengan bidang PR dan berniat mengembangkan karier di bidang PR karena menurut saya, saya memiliki potensi di bidang tersebut. Ada saran saya bisa mengikuti pendidikan formal di bidang PR dimana? Tentunya dengan biaya yang murah dan jadwal yang tidak mengganggu pekerjaan saya di siang hari.

24. nurliana jogja - 24 Mei, 2008

alllllow saya lagi dapat tugas bikin proposal Riset PR nih tolong kasi yau gambarannya kek mana seeech???????

25. ambar puspitasari - 2 Juni, 2008

hai gw ambar gw lagi cari bahan buat TA gw ney…
gw nyari Peran PR dalm perusahaan yang komplit ada dimana ya?
kalo tw kabarin gw ya….
thanks……

26. rumakom - 21 Juni, 2008

Untuk Ambar
Salam
Kalau yang ambar cari referensi bacaan, coba baca buku-buku Manajemen Public Relations. Bisa dari Rusady Ruslan atau yosal Iriantara, Renald Kasali.

kalau referensi perusahaan yang menempatkan PR nya dalam peran penting , coba starbuck cafe (udah terbit juga bukunya), lalu Sampoerna Corporate. Saranku lilhat di toko buku bidang bisnis ada sekian buku tentang perusahaan yang isinya membahas peran penting PRnya.

27. rumakom - 21 Juni, 2008

Untuk Nurliana
Tentang Riset PR, perkembangan buku yang membahas khusus sekarang tambah banyak. Kalau mau lebih jelas ada di buku Metode Penelitian PR Rusady Ruslan, juga Renald Kasali. Juga ada di buku teknik praktis penelitian komunikasi milik Rakhmat Kriyantono, juga buku-buku metode penelitian Kualitatifnya Burhan Bungin.Kalau pengantar tentang Riset PR ada juga di buku PRnya Frank Jefkin atau Frasier More, juga di bukunya Dodi M. Gozali, Communication Measurement.
Gambaran tentang riset PR, terkait dengan proses mencari sesuatu terkait dengan seluruh kinerja PR.Ada banyak hal yang bisa di riset PR. Contohnya mengukur efektifitas pilihan kegiatan kampanye PR atau atau meneliti Citra Perusahaan di Publiknya. Nah sebelum melakukan riset perlu dirancang proposalnya. Inti proposal : apa sebetulnya yang ingin diketahui, kenapa layak diteliti, konsep-konsep teoritik yang berkaitan dengan masalah, dan bagaimana mengambil datanya.

28. Dc - 25 Agustus, 2008

Saya dc lg bingung cr jdl skripsi, w maw riset di dpr,maw ambil tentang majalah internalny. Trus krangka teoriny gmana y? Tlg bgt ya. Deadline n. Thx y

29. Ranti - 14 Oktober, 2008

RuKom,,,bisa tolong jelaskan lebih lanjut tentang Encroachment Theory dalam Public Relations>? O_O

Encroachment itu kalau tidak salah tugas-tugas ke-PRan tidak dilakukan oleh profesional PR melainkan profesional-non pulic relations.
dan katanya merupakan ancaman.

Kalau dilihat jaman skrg banyak yg jadi PR namun latar belakang pendidikannya bukan PR.

Bagaimana itu jika dikaitkan dengan encroachment Theory?

Terimakasih.

30. Ranti - 15 Oktober, 2008

Mohon penjelasan tentang encroachment, contohnya seperti apa. Saya masih kurang paham tentang itu. Terimksh.

31. Fajar - 20 Oktober, 2008

Help..Help..Help..

Saya praktisi Promotions/PR..diajak rekan di suatu lembaga pendidikan setara Diploma yg cukup ternama untuk mengajar!

Lha saya bingung!
Karena saya harus mengajar Dasar2 Komunikasi!

Kalo disuruh ngajar praktek dan aplikasi real di lapangan,saya bisa..
Tapi ini teori banget..
Saya bingung harus mulai mengajar mereka mulai dari mana?
5W1H?

Harus saya ajarkan mereka pakai buku ajar/pegangan apa?
Onong?Deddy?
Buku apa yg praktis,padat,cepat..

Trmksh

32. Mila - 12 Desember, 2008

terima kasih untuk ilmunya.. Saya dari dulu tertarik dengan Duni Public Relation, dan bahkan didunia kerja pun selalu saya diposisikan sebagai bagian dari itu. Saat ini saya baru akan ambil kuliah jurusan PR. Jadi sekali lagi terima kasih untuk infonya.

33. YULFENDRI - 7 Januari, 2009

terima kasih atas Ilmumya, ne sangat bermanfaat bagiqu.,,,,,

34. FEN Browneks - 7 Januari, 2009

terima kasih atas Ilmumya, ne sangat bermanfaat bagiqu.,,,,,!!!

35. dian Lian - 21 Januari, 2009

hai saya dian, bole tau ga teori dari sebuah citra itu apa yah?
soalnya saya lagi ada tugas buat cari teori tentang citra dalam PR, thx b4..

mth - 21 Januari, 2009

“An image is synthetic. It is planned: created especially to serve a purpose, to make a certain kind of impression.” (A person’s image is) “a visible public personality as distinguished from an inward private character.
“By our very use of the term we imply that something can be done to it; the image can always be more or less successfully synthesized, doctored, repaired, refurbished, and improved, quite apart from [though not entirely independent of] the spontaneous original of which the image is the public portrait.”
– Daniel J. Boorstin, The Image; A Guide to Pseudo-events in America

Hari ini kita menggunakan istilah “imej atau citra ” untuk menyampaikan apa tampak/tampilan dari seseorang atau suatu organisasi, meski kadang-kadang hal itu sangat berbeda dari keadaan nyata. Beberapa citra pribadi atau perusahaan terlihat lebih nyata atau merupakan realitas aktual yang jujur dari sebuah subyek (kepribadian nyata).

lebih lengkap bisa cek di link ini.

36. kiki - 15 Februari, 2009

artikel yang bagus. Saya kiki. Saya sedang mencari referensi tentang Employee Relations, kalau ada, boleh kah dibagi bagi informasinya?
ini E-mail saya rizkyyuliani@yahoo.com

Terima kasih. sukses terus

ahyar - 24 Maret, 2010

Q juga lagi butuh referensi dan sejarah public relation ne tolong dong soalnya Q baru belajar PR

37. umi - 16 Februari, 2009

lam kenal
help me!
sy kul pr tp sy g bgt fhm ttg pr makanya sy kul pr biar sy bs menguasai bid ini tp ttp aja smp skrg g memahami ttg pr bsk sy pkl lg jd binun !!!

38. Dennise - 16 Maret, 2009

Tolong cntumkan lebih detail lagi tentag sejarah perkembangan PR baik di Indonesia maupun di Dunia

39. Cteen - 18 Maret, 2009

Thanks buat info nya ^^ keep going!!

40. ayU - 29 Maret, 2009

ag juga gi buat TA tp mSh bingung tentang, proses dan metode PR…
aq hrp bs bantuu yaCh,,,
viELE daNke

41. shem - 31 Maret, 2009

salam..
dari sekian banyak kabaikan yang ditimbulkan oleh PR, adakah sisi dunia PR yang bisa dikatakan tidak baik atau negatif gitu…
kalaupun ada,, seperti apa dan apa contohnya???

42. ryan - 19 Mei, 2009

aku lagi punya tugas akhir teori komunikasi nih pak. aku membahas mengenai csr. tetapi, dalam makalah itu, aku disuruh menyebutkan teori-teori yang mendukung pokok permasalahan itu. padahal referensi mengenai csr kan tidak banyak. jadi kalo boleh tanya, teori-teori Public relations yang membahas atau mendukung CSR gitu ada gak ya?terimkasih

43. Ryan.LM - 19 Mei, 2009

Saat ini sya adalah seorang External Relation pada sebuah perusahan besar yg bergerak dibid pertambangan batu bara . Saya belum memilik pengalaman yg memadai tengtang External Relation untuk itu mhon diberikan pejelasan secara garis besar tentang job saya ini? serta tugas pokok yang lazim/biasanya dilakukan.

44. fafa - 3 Juli, 2009

waw banyak banget yang minta masukan disini, kalo gak keberatan aku juga mo tanya, dan perlu segera, karena untuk revisi skripsiku, senin ini dah harus kumpul.

teori apa ya yang relevan dengan strategi PR dalam perubahan brand perusahaan, seperti yang saya jabarkan dalam skripsi bahwa tahapan strategi PR mulai identification, planning, communicating and evaluting, nah aku udah coba baca buku Human Communication nya Little John, tapi masih bingung menetukan mana yang relevan. mohon masukannya segera, terima kasih banget.

45. bayupksakti - 10 November, 2009

klo saya mau mengkaji perlunya didirikan unit/satuan humas di tingkat polres, buku apa yang bisa saya jadikan referensi?

46. EDI - 12 Desember, 2009

MUNGKIN ADA YANG BS BANTU, SAYAMAU NYUSUN T.A PUBLIC RELATION TENTANG PERAN P.R DIBIDANG JASA HIBURAN TEMPAT SPA.

47. osha - 19 Januari, 2010

Asw. mau tanya, apa kiat-kiat utk mnjdi seorang PR yg baik? skill ap yg hrus dikuasai oleh seorang PR? Thanks b4

48. Devi - 24 Maret, 2010

Mau tanya!!
1.Bagaimana peranan soeorang PR dlam sebuah perusahaan BUMN???dan bagaiman cara kerjanya?
2.buku apa yang cocok untuk mempelajari perbandingan PR dlm teori dan PR dlm praktek sehari-hari dlm perusahaan???

49. ahyar - 24 Maret, 2010

ibu2x bapak2x tolongin ahyar dong ngerjain tugas PR soalnya baru belajar pr ne ya mulai dari pengertian ama sejarahnya aja lumayan kayaknya

50. galz25 - 27 Mei, 2010

thanks infonya. very worthed.

fyi, mau tanya kalo Ilmu Komunikasi di jenjang post graduate itu lebih difokuskan pada praktek yg dibarengin dgn teori ya? lebih banyak case study? mohon info krn saya sdg berencana mengambil S2 Ilmu Komunikasi, konsentrasi Corporate dan Marketing Communication

51. bilkis - 1 Juli, 2010

saya mahasiswa yang sedang membuat penelitian mengenai peranan konsultan PR untuk pemenangan Pilkada
kita2 teori apa yang harus sa gunakan sebagai dasar penelitian saya dan teori apa yang harus sa gunakan untuk menjadi ‘pisau’ penelitian saya??

terimakasih atas bantuannya

52. BeBe Gunawan - 27 Juli, 2010

thanks untuk post nya, bisa jadi referensi lain untuk menambah pengetahuan.

selain itu, saya ingin tau pendapat anda: public relations atau PR dengan hubungan masyarakat atau humas itu sama atau berbeda? Mengapa?

terima kasih banyak untuk sharingnya ya..

53. fitri - 17 Desember, 2010

Salam,,,,,

sbntr lg sy w TA, bs tlg ksh rferensi perusahaan/lmbga/sjnsnya g yg bisa diajukan untuk PKL?

Tx before….

54. jauhari - 4 Maret, 2011

bisa dong dijelasin ke aku…
kira-kira ada nggak konsep Corporasi sosial responsibility (CSR) dalam kerangka Publik Relatons (PR) di lembaga perguruan tinggi?… ada yang ngomong sih.. hanya PTN yang diberlakukan BHMN… yang belum gemana… padahal di PT banyak program pemberdayaan masyarakat atau lainnya yang menyangkut masyarakat sekitar..

55. Melania - 10 Maret, 2011

makasihh yaa

i am thanks

56. Melania - 10 Maret, 2011

thanks ilmunya.banyak ilmu yang bisa di pelajari

57. Marcinatines - 10 Maret, 2011

i really thank forits present know ladge i am day
farther can more know lade geable its know ladge

i am really having thank you so much yeah……….
kwkwkwkwkwkwk

58. siapa saja boleh - 10 Maret, 2011

grerrgufff fghthdd ss’ffrassidyyt’

59. fitria - 3 April, 2011

saya bru bljr tntang PR n mendapat tgas mencari contoh kasus PR yg dihadapi konsultan PR.mhon bantuannya.Terima kasih

60. fitria - 3 April, 2011

saya bru belajr tentang PR dan mendapat tUgas untk mencri coNtoh kasus yg dihadapi koNsultn PR mohon bantuannya.terima kasih

61. kasih - 3 April, 2011

sya seorang mahasiswi fikom aQ dpt tugas mengenai tujuan humas berdasarkan perspektif komunikasi…bantuin donk kirim k’almt emailQ ya scpatnya…tanks for all

62. cici aisyah - 8 April, 2011

saya sedang menyusun ta tentang strategi komunikasi untuk menaikkan minat pengunjung. kalo ini bahasannya ke pr ato pemasaran ya?

63. jumanji - 12 April, 2011

mantap gan!

64. elvina - 24 November, 2011

Jenis pengklafikasian yang biasa dipakai dalam menentukan publik PR apa ??? Mohon bantuann..

65. Rizki Rasyidi - 2 November, 2013

dalam buku renal yg manajemen PR ada contoh tokoh PR yg nelanggar etika ga?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: