Salah Pengertian Tentang Public Relations


Banyak orang beranggapan bahwa Public Relations merupakan bidang yang baru muncul sejak berakhirnya Perang Dunia II atau baru muncul sejak awal abad 20. Masalahnya Public Relations sudah ada sebelum Negara Amerika ada.  Gagasan Public Relations sendiri bisa dikatakan sama tuanya dengan peradaban manusia.

Public Relations bukanlah usaha menciptakan suatu citra baru atau iklim pendapat umum yang menyenangkan atau mencoba memoles citra yang sudah ada. Definisi ini muncul ketika mencampuradukkan antara PR dengan pemasaran dan periklanan atau propaganda. PR merupakan pendekatan yang sangat strategis dengan menggunakan konsep-konsep komunikasi (Kasali, 2005:1).  

Dalam prakteknya memang sering dijumpai salah pengertian tentang PR. Terkadang banyak orang sulit membedakan antara Public Relations dengan periklanan, pemasaran, promosi  penjualan, propaganda dan publisitas.  Secara umum, PR merupakan hal ihwal yang jauh lebih luas dari semua itu (periklanan, pemasaran, promosi  penjualan, propaganda dan publisitas). 

Sebagai ilmu pengetahuan, PR masih relatif baru bagi masyarakat bangsa kita. PR sendiri merupakan gabungan berbagai imu dan termasuk dalam jajaran ilmu-ilmu sosial seperti halnya ilmu politik, ekonomi, sejarah, psikologi, sosiologi, komunikasi dan lain-lain.

Dalam kurun waktu 100 tahun terakhir ini PR mengalami perkembangan yang sangat cepat.  Namun perkembangan PR dalam setiap negara itu tak sama baik bentuk maupun kualitasnya. Proses perkembangan PR lebih banyak ditentukan oleh situasi masyarakat yang kompleks.

Bahan Bacaan :
Effendy, Onong Uchjana. 1999.  Hubungan  Masyarakat.  Suatu   Study  Komunikologis. Cetakan ke lima. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kasali, Rhenald. 2005. Manajemen Public Relations. Jakarta: Grafiti

18 pemikiran pada “Salah Pengertian Tentang Public Relations

  1. Saya belum memahami betul tentang PR yang sya akan pilih sebagai major on my campus. Pak kalau boleh saya tahu,tolong beri tahu bagaimana cara dapat mendlami ilmu PR tersebut. Dan tugas apa saja yg dilakukan seorg PR bila sudah bekerja pak. Mohon diberi tahu karna,itu sangat penting sekai untuk saya.

    Terima kasih atas waktu bpk untuk membaca email dr sya.

  2. Public Relation meliputi aktivitas seperti hubungan media, marketing publicity dan internal komunikasi, dimana proses image building menjadi feature utama dari praktisi PR (public relations).
    Ini kegiatan nyatanya:
    – Membuat release, photo, dokumentasi lainnya
    – Membuat leaflet, booklet, baliho
    – Mengadakan jumpa pers press tour
    – Membuat pidato untuk atasan maupun diri sendiri
    – Mengikuti rapat pimpinan
    – Merencanakan dan melaksanakan penerimaantamu perusahaan (event organizer)
    – Diskusi dengan karyawan, Olah raga dan rekreasi karyawan (dalam arti luas)
    – Peresmian gedung atau pabrik baru, HUT perusahaan
    – Lobby ke pemerintah dan atau membuat peraturan
    – Pameran, sponsor, iklan layanan masyarakat
    – Membuat kliping dan analisa
    – Mewakili perusahaan
    – Menyelenggarakan penyuluhan
    – Mendampingi konsultan PR
    – Periklanan (sebagian)

    Semoga bisa mendapat inspirasi

  3. jujur aja…waktu baca pengertian PR yg seperti itu, saya jadi bingung, sebenar’y fokus pekerjaan yg nanti’y akan digeluti setelah lulus kuliah itu seperti apa?karena selama ini saya berpikir bahwa PR ya tentang masalah promosi, dsb…jadi jobdesk’y apa aja Ya?
    trims…

  4. lalu bagaimana dengan PR dilembaga pemerintahan, sebetulnya apa saja tugas, fungsi dan dimana kedudukan mereka. karena selama ini seolah-olah keberadaannya hanya seperti bayangan. bahkan seolah tidak ada. bisa beri tahu saya pa karena yang booming di masyarakat ya cuma PR di perusahaan swasta.

    terima kasih,

  5. Dear pak, lam kenal…

    Saya lg skripsi, dan judulnya mengenai image building. cuma pas saya cari-cari definisi dan proses image building tapi aga susah ya,… lebih enak saya dapetin teori dari mana ya pak?… tolong kasih info buku ato teori lengkap yang bapak tau…

    Thanks bangets…

  6. pak saya mau tanya bedanya antara public relation dengan marketing apa? perbedaan yang mendasar apa?saya bingung sekali karena basic ilmu saya adalah bahasa,sementara sekarang saya sedang membimbing mahasiswa D1 dalam membuat laporan terahkirnya yg berhubungan dengan public relation dan marketing,terima kasih sebelumnya

  7. saya sedang jobtraining bagian sales & marketing di salah satu hotel di bandung,sementara saya kuliah di jurusan public relation, di hotel ini tidak ada bagian PR-nya. pak saya mo minta pendapat, untuk membuat laporan jobtrainingnya saya mo ngambil bagian apanya, sementara kampus meminta untuk membuat laporan yang berbentuk sebuah program ada di sebuah perusahaan tersebut..

  8. asalamualaikum
    saya mau tanya pengertian public relection menurut external dan internal minimum 5 masing” nya???
    blz euy

  9. pak saya punya tugas tentang pabrik relation,saya disuruh untuk mengupas tentang pengertian, esensi, tujuan, fungsih Pabrik relation, tolong doooooong kupas masalah ini!!!!!!!!! balz yaaaaa

  10. slmt malam pak.
    saya astried febrina saya memiliki tugas tentang bagaimana sejarah PR di INGGRIS??..
    yang selama ini saya ketahu hanyalah sejarah secara general tidak ada yg khusus secara negara.

    terimakasih pak.
    mohon bantuannya.
    : )

  11. Pak sya mau tanya. .
    PRosPek kerja ke dEpannya tUh gimana sih?
    Truz kaLo kita masuk pR harus gag si koMuNkASi dEngan orang Lain memakai b.Inggris?
    SoaLnya saya bingung mau masuk kuLiah,antara pR sma perikLaNaN. .SeDaNgkan saya Lemah daLam b.IngGris. .MakasiH yah pak. .MOhoN di bAlas. .

  12. slamat siang Pak

    saya mw tanya apakah PR sama dengan Marketing yang tujuan memasarkan produk?? soalnya saya blum pernah terjun sebagai PR. trima kasih. Balas ya Pak..

Tinggalkan Balasan ke christy Batalkan balasan