jump to navigation

Internal Public Relations dalam Perusahaan 19 Januari, 2008

Posted by rumakom in perspektif praktis, public relations.
trackback

Target kegiatan PR dalam konteks ini adalah menjaga suasana diantara para karyawan di dalam badan atau perusahaan. Bagaimana menciptakan komunikasi efektif, keserasian hubungan antara pimpinan dan bawahan, baik secara horisontal maupun vertikal, sehingga dapat memperkuat tim kerja perusahaan.

Tiap anggota dari badan atau perusahaan itu, dari tingkat pimpinan sampai pesuruh, merupakan Public Relations Officer yang tidak resmi. Dimana segala perilaku mereka mendapat sorotan dari publik dan dapat mempengaruhi nama baik perusahaan. Keluarga karyawan juga mempunyai andil besar dalam menciptakan hubungan baik. Karena ketentraman keluarga akan berpengaruh pada ketentraman bekerja pegawai. Usaha yang bisa ditempuh Internal Public Relations yaitu :

  • Pengumuman-pengumuman, mengumumkan program kerja serta hasil-hasil yang telah atau masih harus dicapai perusahaan. Biasanya bersifat insidental seperti rapat kerja.
  • Buku pegangan pegawai, memuat program kerja secara rinci, tujuan perusahaan serta hak dan kewajiban pimpinan dan karyawan.
  • Kontak pribadi, menciptakan komunikasi yang akrab antara pimpinan dengan bawahan dan bawahan dengan bawahan.
  • Pertemuan-pertemuan berkala, dimana pimpinan dan karyawan bisa saling berbagi tentang kegiatan kerja dan mencari solusi atas kendala-kendala yang dihadapi dan mengemukakan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai.
  • Kotak suara, menampung pendapat karyawan yang tidak berani mengemukakannya secara terbuka. Sehingga segala keputusan pimpinan bisa obyektif.
  • Laporan kepada pemegang saham, pertemuan antara pimpinan perusahaan dan pemegang saham untuk pertanggungjawaban dalam bidang keuangan. Sehingga para pemegang saham tetap menaruh kepercayaan karena merasa ikut serta membina perusahaan dan mengetahui kegunaan uangnya.
  • Hiburan dan darmawisata, untuk meredakan ketegangan selama bekerja dan memupuk keakraban serta setia kawan.
  • Olahraga, penyaluran minat dan bakat yang bersifat rekreasi seperti olahraga dengan membentuk tim-tim, akan mampu menggugah para pegawai untuk lebih mencintai perusahaannya dan bekerja lebih baik. Hal tersebut sebagai imbalan diperhatikannya minat mereka. Selain itu juga bisa sebagai alat promosi dan menambah publik ekstern bagi perusahaan melalui pertandingan persahabatan misalnya.
  • Study tour dan pelatihan, untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan para pegawai.
  • Hadiah-hadiah dan penghargaan, memotivasi pegawai yang mendapat penghargaan untuk mempertahankannya dan memotivasi pegawai yang lain untuk bekerja lebih baik.
  • Klinik dan apotek kesehatan, perusahaan hendaknya dilengkapi klinik atau apotek kesehatan untuk kesejahteraan karyawannya. Selain untuk karyawan dan keluarga, bisa juga dikembangkan untuk umum sehingga menambah keuntungan tersendiri bagi perusahaan.
  • Tempat-tempat ibadah, untuk membangun moral dan mental yang baik pada karyawan.
  • Tempat-tempat pendidikan, pendidikan untuk keluarga karyawan sangat penting sebagai bentuk perhatian dari perusahaan.

Internal Public Relations juga harus melakukan upaya-upaya untuk dapat memecahkan permasalahan dalam lingkungan intern perusahaan, seperti bagaimana memelihara hubungan baik antara pimpinan dengan bawahan serta antara buruh dengan pegawainya dengan rekan-rekan sekerja, mempertinggi produktivitas sumber daya manusia (SDM) dalam perusahaan, menggerakkan para pegawai agar memberikan pelayanan maksimal kepada publik, mengadakan komunikasi teratur dan tepat guna dalam perusahaan secara vertikal dan horisontal, mempertinggi kecakapan dan pengetahuan SDM perusahaan, memberikan hiburan dan kesempatan bersantai bagi pegawai, meningkatkan kebersihan, ketertiban, serta keindahan perusahaan dan lingkungannya, mengintegrasikan keluarga pegawai ke dalam kehidupan perusahaan, memelihara kesejahteraan pegawai atas usaha sendiri. Dalam hal pelaksanaan tergantung pada besar kecil perusahaan serta skala prioritas.

[dst]

About these ads

Komentar»

1. hhh - 3 Maret, 2008

bu, saya mo nanyain.. punya ga contoh apa-apa aja yang termasuk internal public n eksternal publik dalm sebuah perush?? (perush apa aja..)
thx b4.

2. Vieck - 2 Juni, 2008

bu, saya mau tanya … yang dimaksud dengan corporate PR itu apa. apakah ada referensi/teori/definisinya tentang Corp. PR?

3. joekod - 10 Juni, 2008

bu, saya mo nanyain.. public relations mana aja yang menggunakan media report atau laporan media untuk perusahaannya.

4. mila - 23 Juli, 2008

yang saya mau tanyakan … teori yang Ibu gunakan mengenai “Usaha yang bisa ditempuh Internal Public Relations” diambil dari buku karangan siapa?

terima kasih

5. eva gurning - 13 Agustus, 2008

bu saya mau nanya tentang sumber pustaka atau buku- buku pendukung materi diatas, agar dalam penyusunan makalah nantinya kami bisa mencari bukunya dan mencantumkannya dalam daftar pustaka, tolong ya bu

6. yumi - 19 Agustus, 2008

bu, buku apa yang bisa saya baca sehubungan dengan corporate public communication ? Apa ada hubungan kerja antara corporate public communication dan corporate government relations ? Mohon diberikan contoh kinerja dari 2 hal diatas. Makasih bu

7. rhyka - 22 September, 2008

bu.. saya mau tanya apa hubungan Pr dengan pendidikan saat ini ?

8. Ranti - 16 Oktober, 2008

Rumakom, sy butuh banyak informasi tentang Encroachment theory dalam Public relations

sebenarnya apa itu encroachment?
contohnya seperti apa?
bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi encroachment

bagaimana perkembangan PR Saat ini jika dikaitkan dengan encroachment?

Mohon Rumakom mau menjelaskan
thx a lot

9. rizma - 13 November, 2008

salam…
saya mw tanya, TA saya berhubungan dengan loyalitas employee y tapi dosen pembimbing saya minta terpautkan dengan turn over karyawan prusahaan tersebut, apa relevansinya y?
mohon bantuannya karna deadline saya selasa 18 Nop 08…
terimakasih

10. soni - 20 Januari, 2009

saya ingin menanyakan tentang perusahaan yang tidak mempunyai divisi public relation tetapi dalam kegiatannya terselip public relation.atau perusahaan menganggap public relation dipakai hanya sebagai method of theory dalam kegiatannya.bagaimana penjelasan anda tentang ini

11. Rara - 2 Maret, 2009

salam..
saya ingin menanyankan referensi buku tentang media internal perusahaan..
dan mohon koreksinya..
saya ingin mengajukan judul skripsi dengan judul
“penyebaran informasi melalui radio sebagai media internal perusahaan”
untuk bantuannya saya ucapkan terimakasih

r3y - 1 Desember, 2009

nomer hape lw brp tar gw sms aja :D

12. siska - 18 Maret, 2009

salam…
saya mau tanya tentang referensi buku komunikasi internal humas, tapi yang bisa jadi panduan pembuatan skripsi.
atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

13. M.S. Hadiarsa - 20 Maret, 2009

buat siska…coba pake Effective Public Relations…pnerbit kencana..ok
sukses ya mbak siska,,,
kul d mana ?

14. sandro - 28 Maret, 2009

slamat malam. ibu, saya mau nanya.. saya sedang mengerjakan laporan magang di bagian internal PR.. kerjaan saya membuat internal release, internal memo, dll yag internal2. hehe.. tapi bu, saya stuck di bagian teori, sy bingung mau pakai teori apa… ;(
mohon petunjukny… atas bantuan ibu saya ucapkan banyak terima kasih….

15. aida - 30 Mei, 2009

slamat siang…aq mw tanya…
apakah komunikasi internal itu hanya sebatas employee and stakeholders aj?terus ap c bedanya stakeholders dan shareholders?
terimakasih

16. Freddy - 3 Juni, 2009

Bgmn mengetahui peran seorang PR perusahan dlm kegiatan sosialisasi secara internal. Trmksh…

17. Angel - 24 November, 2009

bu , saya mau tanya bagaimana mengukur efektivitas kerja seorang public relations? saya lagi bingung untuk menentukan komponen pengukuran efektivitas PR tersebut.. moho bantuaannya.. ini untuk tugas akhir skripsi.. makasi banyak ya bu

18. r3y - 1 Desember, 2009

angel nomer hapenya berapa?

19. amel - 25 April, 2010

maaf kalau boleh saya tahu psotingan anda berasal dari mana?apakah ada artikel terkait yang bisa lebih mnjelaskan secara terperinci?
karena saya sedang mengerjakan tugas akhir
terima kasih atas bantuannya.

20. nela - 15 Desember, 2010

saya mau nanya tentang tugas public relation dalam keluarga karyawan itu apa ya? mohon jawabannya saya tunggu yaaa secepatnya….terimakasih :)

21. Sigit - 12 April, 2011

Bu,boleh minta untuk judul buku dan karangannya yang membahas/mengupas tentang internal PR?

terima kasih

22. Rinz - 1 Desember, 2011

Ibu, tlg minta referensi bukunya/daftar pustaka buat tulisan yg diatas (internal public relation).. Trims…

23. ellys pakpahan - 13 Maret, 2012

saya makin bingung…punya buku Effective public relations penerbit kencana,,,malah makin tidak paham saya.
Internal PR saya angkat jadi Judul skripsi malah jd ribet gak karuan….terjebak.com
Bahasan bukunya terlalu berat……

24. Margie - 25 Februari, 2013

“Internal Public Relations dalam Perusahaan | rumah komunikasi” ended up
being a superb read and I actually ended up being quite pleased to
discover the blog post. Regards-Krystyna


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: