jump to navigation

Analisis Jaringan Sosial 4 Februari, 2008

Posted by rumakom in perspektif teoritik.
trackback

Komunikasi dalam sosialisasi pernah dipandang  sebagai transfer informasi dari pengirim kepada penerima. Namun saat ini komunikasi dianggap sebagai berbagai informasi. Perubahan ini membawa akibat pada pemusatan perhatian analisis  komunikasi  kepada hubungan antar  individu  yang   menunjukkan lingkaran pergaulan langsung dalam sebuah topik  tertentu (Gonzales dalam Jahi, 1993: 92).

Ada berbagai cara untuk mengetahui dan mengerti indikator elemen komunikasi diantaranya: pertama, isi dan sumber informasi indikatornya ditunjukkan dari apa yang diinformasikan dan “siapa” serta “mengapa”  menjadi potential people. Siapa dalam pengertian ini lebih menunjukan tentang gambaran posisi yang bersangkutan pada struktur masyarakat setempat, karena siapa berarti pula mempertanyakan tentang posisi yang bersangkutan. Sedangkan mengapa berarti menggambarkan tentang proses sosial yang ada pada masyarakat itu. Mengapa mengindikasikan bagaimana struktur sosial itu dapat berjalan sesuai fungsinya (proses sosial).  

Kedua, tipologi jenis saluran komunikasi indikatornya dapat dilihat dari jumlah institusi sosial baik formal atau non formal dalam organisasi dan efektifitas fungsionalnya. Ketiga, tipologi khalayak indikatornya  berupa gambaran tentang karakteristik demografi setempat. Setiap kelompok karakteristik demografinya akan  lebih mudah bila dilihat dari sisi tertentu dengan mempertimbangkan status, ekonomi dan sosial (SES). Pada kelompok yang SES-nya tinggi, ada kecenderungan cukup selektif dalam menerima informasi. Tetapi sebaliknya, kelompok yang SES-nya rendah cenderung apatis terhadap informasi.

Ketika analisis terhadap hubungan dalam sebuah sistem sosial dilakukan lebih dikenal dengan analisis  jaringan  komunikasi. Analisis  ini dapat digunakan untuk mengetahui keanggotaan jaringan sosial,  arah  hubungan,  kepemukaan  pendapat, jaringan komunikasi personal, sampai pada kekompakan jaringan  komunikasi  (lihat, Cahyana dalam Suyanto,  1995:  218-221).

Pemahaman tentang definisi jaringan sosial itu sendiri adalah suatu jaringan relasi dan hubungan sosial yang terdapat dalam suatu masyarakat.  Jaringan ini merupakan keseluruhan relasi dan hubungan sosial yang dapat diamati di suatu masyarakat, misalnya jaringan sosial yang terdapat di masyarakat desa, keseluruhan relasi dan hubungan sosial di kalangan pemimpin desa, antara pemimpin desa dan masyarakat desa, di kalangan warga masyarakat tersebut pada umumnya . Relasi dan hubungan sosial itu terdapat diberbagai bidang kehidupan yan meliputi ekonomi, sosial, kebudayaan dan lain-lain. Jaringan relasi dan hubungan sosial merupakan pencerminan hubungan antar status-status dan peran-peran dalam masyarakat. Daringan sosial di masyarakat komplek lebih rumit dibanding masyarakat sederhana atau masyarakat primitif. (lihat Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 7, 1989 : 345).

Menurut Wright (1988 : 102 – 104) fokus kajian jaringan komunikasi lebih diarahkan pada pola-pola pengaruh, yaitu  siapa yang menjadi influentials atau orang-orang yang berpengaruh dan bagaimana morphis–nya atau dengan kata lain seberapa jauh penyebaran pengaruhnya. Ini berarti, kajian jaringan komunikasi berhubungan dengan ketokohan seseorang. Sebutan tokoh tentu berkait erat dengan status. Dan status adalah bagian yang tak terpisahkan dengan pengaruh atau aksesibilitas masyarakat setempat terhadap sumber informasi dan segala aspeknya.

Analisis jaringan ini dapat dilihat melalui hubungan – hubungan yang terdapat diantara orang – orang dan diantara klik – klik pada suatu topik tertentu yang dapat diungkapkan dengan teknik – teknik sosiomentri dan didasarkan pada penemuan “siapa berinteraksi dengan siapa“ (lihat, Gonzalez dalam Jahi, 1993 : 94).   Bukti nyata efek jaringan komunikasi  pada  perubahan perilaku  seseorang diperoleh dari beberapa  studi  tentang adopsi program atau kegiatan pemerintah. Seperti dinyatakan Gonzales,  untuk  sebagian, perilaku  seseorang  dipengaruhi  oleh  hubungan  orang tersebut dengan orang lain  atau  oleh jaringan komunikasi yang diikutinya (lihat, Gonzales dalam Jahi, 1993: 98).

[dst]

Komentar»

1. risca - 29 Maret, 2008

krtiteria humas dong

2. nining yang sedang bingung.. - 15 April, 2008

rumakom..ak perlu bgt referensi tentang analisis jaringan plus cara membuat sosiometri..bisa tolong e-mail ak ga..?? kasi tau buku2 yang sekiranya relevan buat jadi referensi.thx for the help.
cepat email aku yah..muaaah.

aku kul di kom’07 ugm.

3. Rasno - 18 April, 2008

tentang analisis jaringan, gimana sih cara menganalisisnya?kirim ke email-ku ya…thanks

4. jomas_nathing - 23 April, 2008

rumahkom si saya minta tolong minta referensi analisis perubahan (jaringan sosial, stratifikasi sosial juga bentuk-bentuk kontak dan komunikasi sosial) sama teknik analisis sosiometri atau juga buku,jurnal yang relevan.saya mhsw sosek faperta unpad.
kirim ke email, makasi bgt atas bantuannya

5. rodi - 7 Mei, 2008

bagian dari analisis jaringan sosial tu apa aja? biar gampang dlm menganalisisnya.
tolong kirim ke email ku, trims banget…

6. Dinatul Islamiyah - 8 Mei, 2008

aku Dina mahasiswa Stikosa-AWS yang sedang skripsi tentang jaringan komunikasi dengan tema konversi minyak tanah ke LPG dengan sample ibu-ibu rumah tangga.Di kampus sy blm ada yg meneliti hal tsb,krn minim referensi minta tolong apa saja referensi buku jaringan komunikasi dan kalau bisa contoh penelitian jaringan komunikasi. Trims, tolong kirim ke email ku..

7. andrie - 15 Mei, 2008

strategi komunikasi PR

8. Ruddy A - 23 Mei, 2008

Saya kebetulan mempelajari Analisa Jaringan Sosial sejak th 1988. Dan Selain beberapa artikel dan hasil riset, Buku yang rencananya diterbitkan th 1997,krn krismon — akhirnya tahun lalu berhasil diterbitkan oleh Rajawali Pers. judulnya ” Jaringan Sosial dalam Organisasi”. Di Fisip-UI ada mata kuliahnya –> Analisa Jaringan Sosial. Sebelumnya, di program Pascasarjananya juga ada tetapi beberapa tahun belakangan ini tidak ada dan rencananya akan dibuka kembali. Tks, Ruddy A

9. tata - 25 Mei, 2008

saya sudah pernah melakukan penelitian tentang jarkom. kalo mau info jelas tentang analisis jaringan komunikasi, bisa baca buku Communication Network karangan Rogers dan Kincaid kalo gak salah terbitan tahun 1981. disitu lengkap dengan bagaimana cara menghitung index keterhubungan, index integrasi dan index keterbukaan.
semoga info saya bermanfaat

Syafiq Farkhi - 28 Oktober, 2011

maaf mas tata, boleh minta info dimana saya bisa dapat buku communication networks karangan rogers dan kincaid tersebut kah? soalnya saya cari2 tidak ketemu2,
makasih sebelumnya

10. rumakom - 28 Mei, 2008

Wah terima kasih sekali Rudy dan tata atas bantuan informasinya, jika ada tulisan yang bisa dishare untuk teman-teman, jangan sungkan mengirimkan by email

salam

dst

11. Ruddy A - 2 Juni, 2008

Besok sore, tulisan saya ttg jaringan sosial terbit di harian sore SINAR HARAPAN. Semoga bermanfaat buat teman2.
Tks

12. dape - 3 Juli, 2008

tolong jelasin dunk tentang hasil penelitiannya..
klo pake analisis jaringan

13. nink - 17 Agustus, 2008

Ass, Aku juga mau donk… contoh cara menganalisisnya. Jaringan itu sama dengan pola komunikasi,kan… ?
Tolong dikirim ke email ku, Bu… Tks

14. nink - 17 Agustus, 2008

Ass, Aku juga mau donk… contoh cara menganalisisnya. Pembahasan jaringan komunikasi sosial itu sama dengan pola komunikasi,kan… ?
Tolong dikirim ke email ku, Bu… Tks

15. yogi - 14 Oktober, 2008

salam hangat,
rumakom,
saya yogi mahasiswa jurnalistik disalah satu PTS di jakarta,
saya mau buat skripsi tentang analisis jaringan,
saya punya dua pilihan,
antara jaringan perusahaan atau jaringan suatu prostitusi,
kira2nya dapat memberi masukan,
dan minta tolong refrensi buku apa saja yang harus saya beli.
terimakasih sebelumnya.

16. via - 10 Desember, 2008

saya butuh informasinya donk, metode apa yang dipakai untuk menganalisis jaringan sosial di masyarakat.
juga mengenai analisis jaringan sosial marketing?
terima kasih

17. andra - 19 Februari, 2009

tolong bantu saya yaa..untuk melakukan analisis jaringan yang paling tepat menggunakan metode apa…trima kasih

18. Silvia - 14 Maret, 2009

Pak kok g di moderasi si komennya.. Saya jg kn mau tau jawaban bpk apa,soalny bisa jd pertnyaan2 mrka penting jg bagi yang lain

19. wulan - 4 April, 2009

hi…lam kenal…btw ak mnt tlg kirimin k email dunk ttg analisis jaringan komunikasi…ak butuh bgt buat skripsi ni…MAKASI BGT Y…

20. kiki - 17 April, 2009

aslm
aku juga lagi bikin penelitian tentang sosial network yang tekniknya pake SNA (social network analysis).
aq juga pengen referensinya n cara2 penelitiannya.
aq cuma punya buku wasserman. krm k email aq ya.
makasiiiih bgt.

21. maya - 27 Maret, 2010

rumakom,,,
aku pengen bikin skripsi ttg analisis jaringan komunikasi..
kirim email dunx tentang analisis jaringan komunikasi, trus juga referensi buku untuk analisis jaringan komunikasi yaa..
makasii lumnya..

22. novie - 19 Mei, 2010

aslm….
rumakom,, saya lagi bikin skripsi ttg jaringan komunikasi..
tlg kirim email ttg analisi jaringan komunikasi plus referensi buku n kl bs skalian contoh risetnya dunkz…
trims y….
dtunggu…

23. syafiq farkhi - 23 Mei, 2011

aslm….
rumakom,, saya lagi bikin skripsi ttg analisis jaringan komunikasi..
bisa minta tolong sangat kirimi contoh penelitian dan referensinya suwun

24. kireinaa - 11 September, 2011

aslmkm, rumakom,
saya sedang membuat skripsi ttg pola jaringan komunikasi. dan saya berniat mengambil salah satu dr paragraf di sini. saya mohon ijinnya dan kalau saya boleh tahu, tolong saya minta daftar pustakanya agar bisa saya cantumkan. terima kasih. dan sekedar saran, bagaimana kalau setiap pembahasan disertai daftar referensinya ? agar mahasiswa yg membaca dan mengambil di sini lebih mudah dalam mencari referensinya. terima kasih. imel saya : butterflywind31@yahoo.com ^^

25. yudo - 17 Oktober, 2011

mohon informasi literatur baik bahasa inggris maupun bahasa indonesia untuk Analisis JAringan Sosial.
untuk nyusun tesis nih….

mohon di share via email, please…

sulit sekali cari literaturnya…

26. Wari - 14 September, 2012

Tlong d0ng krm kn k0mponen jaring sosial
wari_ayu@yahoo.com


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: