jump to navigation

Studi Kasus dalam Public Relations 4 Februari, 2008

Posted by rumakom in perspektif teoritik, public relations.
trackback

Dalam  studi  atau penelitian tentang kehumasan dan organiasi ,  terutama  di Amerika Serikat, Toth (1992) mengemukakan adanya tiga  pendekatan yang  cukup menonjol, yakni pendekatan rhetorik  atau  rhetorical approach, pendekatan sistem atau systems approach dan  pendekatan kritis atau critical approach.

Kadang  pendekatan  retorik dan pendekatan  kritik  dianggap sama,  namun  ada juga yang melihatnya  sebagai  pendekatan  yang berbeda.  Pendekatan  rhetorik melihat humas sebagai alat  yang  dipergunakan  oleh  organisasi  untuk  membujuk  atau mempersuasi  pihak-pihak lain yang berkepentingan  yang  dihadapi organisasi.  Titik perhatiannya terletak pada  penggunaan  wacana atau discourse   untuk   membujuk  kalangan   pihak   berkepentingan atau stakeholders.

Dalam batasan ini, humas  tidak  lain daripada  sebuah  bentuk retorik yang  dengannya,  orang  secara pribadi  maupun  atas  nama perusahaan  mempengaruhi  pendapat,  membentuk saling pemahaman, penilaian dan juga sikap. Untuk  itu, ia  memandang  retorik sangat penting  dalam  masyarakat  karena melalui  retorikalah, pendapat, pengertian dan  penilaian  dapat dibentuk dan tindakan dapat diambil.

Telaah  dari pendekatan retorik dalam  penelitian-penelitian humas mengamati  isi  atau  contents  dari  berbagai komunikasi  yang  dilakukan oleh organisasi. Bentuknya  bisa  isi pidato, isi penerbitan-penerbitan internal, press release, maupun isi  komunikasi melalui media audio visual serta  isi  komunikasi bentuk lain seperti yang diliput oleh media massa.
Sementara pendekatan  kritis tertumpu pada ekonomi politik.  Pendekatan ini   humas dilihat   dalam   hubungannya   dengan kepentingan  siapa  yang  sedang dilayani  oleh  praktisi  humas atau komunikasi korporat.

Kebanyakan sarjana   dari  aliran  kritis  dalam  studi   humas  menganalisa  organisasi  dan pesan-pesan yang  ditampilkan  bukan dalam usaha untuk memperbaiki perusahaan bersangkutan. Kata lain di  pendekatan  ini peranan utama humas  dalam  sebuah organisasi adalah untuk mempertahankan organisasi melalui  usaha-usaha  pengontrolan terhadap lingkungan organisasi.

Penelitian  dalam bidang kajian humas dapat dibedakan dalam tiga kategori besar. Seperti dinyatakan oleh Pavlik (1987):
Three major types of humas research : applied,  basis, and  introspective. Applied research examines specific  practical issues; in many instances it is done to solve a spesific problem. A  branch  of applied research, strategic research,  is  used  to develop  PR compaigns and programs. According  to Broom &  Dozier (1990),  strategic research is “deciding where you want to be  in the future… anda how to get there.” A second branch, evaluation research,  is done to assess the effectiveness of PR program  and is discussed in more detail.
Basic  research  in humas creates knowledge that  cuts across  PR  situations. It is most interested  in  examining  the underlying proceses and in constructing theories that explain the PR  process. Introspective  research,  which  examines the  fields  of  PR .
(seperti dikutip Wimmer dan Dominick, 2000: 365)

Dari  tinjauan teknik penelitian, untuk bidang kajian humas yang paling sering  dilakukan adalah penelitian survei, analisis isi, dan focus groups discussion. Namun, studi kasus akhir-akhir ini menjadi kajian yang paling sering dilakukan (Ruslan, 1995: 13).  Studi kasus merupakan uraian dan penjelasan komprehesif mengenai berbagai aspek seorang individu, suatu kelompok, suatu organisasi atau komunitas, suatu program, atau suatu situasi sosial. Metode yang serng dilakukan adalah wawancara, pengamatan, penelaahan dokumen atau dan data apapun untuk menguraikan suatu kasus secara terinci (Mulyana, 2001 : 201-202).

Sementara itu keistimewaan studi kasus menurut Lincoln dan Guba :

  1. merupakan sarana utama bagi penelitian emik, yakni meyajikan pandangan subyek yang diteliti
  2. menyajikan uraian menyeluruh mirip dengan apa yang dialami pembaca dalam kehidupan sehari-hari
  3. merupakan sarana efektif untuk menunjukkan hubungan antara peneliti dan responden
  4. memungkinkan pembaca untuk menemukan konsistensi internal yang tidak hanya merupakan konsistensi gaya dan konsistensi faktual tetapi juga keterpercayaan (trustwortiness)
  5. memberikan “uraian tebal” yang diperlukan bagi penilaian dan transferabilitas.
  6. terbuka bagi penilaian atas konteks yang turut berperan bagi pemaknaan atas fenomena dalam konteks tersebut (dalam Mulyana, 2001 : 203).

Rancangan umum untuk studi kasus dapat digambarkan sebagai sebuah corong. Awal studi adalah bagian corong yang lebar. Ini menunjukkan peneliti menjajagi tempat-tempat dan orang-orang yang mungkin dijadikan  subyek atau sumber data. Dan memungkinkan pengembangan dalam proses pencarian dan pemilahan data yang ada. Selanjutnya menyempit ke tempat penelitian, subyek bahan dan tema (Bogdan dan Biklen, 1990: 73).

Menurut Arifin (1994: 51) sifat metode yang berorientasi kasus adalah holistik. Metode ini menganggap kasus sebagai entitas menyeluruh dan bukan sebagai kumpulan bagian-bagian. Jadi hubungan antara bagian-bagian dalam keseluruhan itu dipahami dalam konteks keseluruhan dan yang kedua juga dipahami sebagai perkiraan.

Dari awal penjajagan yang luas peneliti menuju lebih terarah ke pengumpulan data dan analisa  beberapa hal yang perlu diperhatikan menurut Bogdan dan Biklen (1990: 78-80) adalah informan penting, yakni orang-orang yang mempunyai pemahaman mendalam mengenai apa yang terjadi, sampling waktu, yang sangat berkaitan dengan ketersediaan dokumen dan data pendukung lain.

Komentar»

1. pia - 12 Maret, 2008

hi.., mohon bantuannya yah..
rencananya saya mau skripsi dan mengambil bahasan mengenai opini publik mengenai profesi PR. nah saya butuh referensi aja, sekarang ini banyak bermunculan ‘peran-peran’ PR yang hanya menjual tampang dan menemani tamu-tamu, pdhl sebenarnya kan praktisi PR itu tidak sedangkal itu, tapi masih banyak orang ‘awam’ yang menyebut PR secara negatif. PR sering disamakan dengan LC. menurut anda sendiri gmn?

terima kasih.

2. gabe - 19 Maret, 2008

hai semuahnyah….

aku jyga bis gini mau buat skripsi…
dan sekarang lagee bingung banget….

kasi referensi donk….

aku juga ambil pemusatan di public relations

3. ev - 20 Maret, 2008

skripsi dan skripsi,,
kenapa gag ada kata laen selaen skripsi?
gag penting seh..
yang jelas aku pengen angkat sebuah judul untuk ticket lulus ntar dari S1,,,hehehe.. konsentrasi tetep di public relation dwonk…
please somebody help me yakh….

jamila - 12 September, 2009

kapok………………..rasakno penganen publick ralastions iku hahahahahahahaha mantep………………………………….

4. putri novie - 22 Maret, 2008

Hi..

aQ mau donk referensi tentang sikap PR, sikap PR dlm bntuk persuasi…

tntang arti2 tugas PR scara detail sprti press monitoring,press release,conference,dll..

pLiz y mhn bntuanny cZ bWt Tgs Akhr kyk skripsi gt….

bLh dbLz k emaiL aQ..

yhx b4..^-^

5. mth - 24 Maret, 2008

jika anda searching di situs pr internasional ada beberapa referensi yang anda butuhkan, misalnya di ipra.org atau jurnal komunikasi.
selamat berburu. Kita juga sedang menyiapkan beberapa tulisan berkaitan dengan yang anda persoalkan.

6. bolo - 30 Maret, 2008

hallloowwww…….tolong referensinya donk…saya mo skripsi tentang profesi jurnalistik dalam konflik bersenjata int’l, khususnya mengenai hak – hak jurnalis yang berada dalam konflik bersenjata int’l…tolong bantu saya ya…..

7. novita - 7 April, 2008

saya ingin membuat proposaL peneLitian mengenai “Peran PubLic ReLations daLam Upaya Peningkatan Citra HoteL”..
untuk itu, saya mohon bantuan untuk program apa yang sebaiknya fokus saya teLiti..

terima kasih atas bantuannya…

mohon bantuannya dikirim Lewat e-maiL saja..

aqeeb - 13 Februari, 2010

tentang konsep CSR za skripsinya, biar ga susah

8. viiinnn - 8 April, 2008

alow…

gi skripsi nich..Pusink deh!!!..

mohon bantuannya donk…

skripsi saya ngangkat peran PR terhadap program layanan dalam suatu perusahaan..

bantuin yaCh..

9. pigsy - 9 April, 2008

hAihAi..
sy juga lg skripsi…judlnya evaluasi terhadap pemberitaan…dan relevansinya dengan strategi komunikasi krisis dr perush itu…
dibahas dong..hehe
lagi perlu byk referensi ni…

10. ta_chan - 15 April, 2008

thank you banget… jdi lebih gampang belajarnya, .. lagi ngambil teori komunikasi neh,. hehe..

11. ev - 16 April, 2008

apa sebenarnya peran public relations saat sebuah company melaksanakan program csr?

12. ev - 16 April, 2008

tolong dwonk kasik referensi tentang kasus public relations yang melanggar etika dan etiket public relations itu sendiri….
thanks a lot yakh!!!

13. bubu - 23 April, 2008

ntar pke daftarpustaja donk biar tau bukunya….

14. agnes - 24 April, 2008

bingung gua…jmau ambil judul apa??
tp yg pasti ttg public relation..bantu- bantu2 dong bagi yg udah punya judul yang ga ribet buat nyeleseinnya..plizzz..plizzzz..help me.
lewat email aja

15. mth - 2 Mei, 2008

Kepada Bolo,

ada buku terbitan International Federation of Journalists (IFJ) dn saya kira AJI Indonesia juga memiliki koleksinya, silahkan berhubungan dengan AJI langsung.

16. rumakom - 2 Mei, 2008

Kepada novita,
untuk peningkatan citra itu masih terlalu umum, berarti anda harus mengkaji semua kegiatan PR hotel tersebut. Tetapi jika spesifik citra di mata konsumen, anda cukup lihat kegiatan yang bersentuhan langsung dengan konsumen. Begitu menurut kami.

17. rumakom - 2 Mei, 2008

untuk viiinnn dan lainnya yang sedang bingung juga

pegang hidung dulu jika pusing. ya banyak baca referensi dong supaya lebih tercerahkan. Bisa juga searching di web.

18. rumakom - 2 Mei, 2008

pingsy dan ta_chan

boleh juga kita bahas dan terima kasih

19. rumakom - 2 Mei, 2008

untuk ev
peran public relations saat pelaksana program csr, kembali pada struktur dan situasi organisasinya. Soalnya ada yang dipisah pr sendiri dan csr sendiri. Akan tetapi, pr sebenarnya bisa memainkan community relations dan juga memonitor feedback dari masyarakat tentang program yang dimaksud.
soal kasus PR coba deh kita sedang cari, atau ada teman-teman yang punya

20. hasrudin - 3 Mei, 2008

bantuin aku dong..cari judul masalah humas tapi jangan di instansi pemerintah ya dan kasih juga masukan buat saya tentang judul itu. ya penjelasanya gitu supaya saya ga bingung. oke thanks ya

21. ev - 8 Mei, 2008

seberapa jauh pr bisa memaninkan peran nya krtika menerima feed back dari publik?
yang saya tau, ketika pr memainkan peran nya di CSR selalu bersinggungan dengan divisi lain, sehingga yang ada CSR kadang tdk bisa berjalan maksimal.
malah sekarang, CSR sering bukan ke lingkungan tempat company itu ad, namun terkesan melebar dan nggak nyambung,sbgai contoh beasiswa dari perusahaan rokok. menurut anda bgaimana CSR yg dilakukan o/ perush rokok yg memberikan beasiswa atau bantuan pendidikan?pdhal seharusnya, perush tsb lbh baik memberikan CSR yg nggak terlalu jauh lokasinya dgn perusahaan rokok itu sendiri.
mohon pendapatnya ya…

22. rumakom - 28 Mei, 2008

Ev, menarik sekali. Itu bisa dijadikan bahan kajian dan skripsi. Tentu pilihan untuk menjalankan CSR akan sangat beragam, tapi kalau dari sisi perusahaan akan sangat tergantung pada political will pemegang keputusan dan dana yang tersedia.
Mengapa perusahaan rokok, dan saya kira bukan rokok saja, yang memilih untuk memberikan CSR dalam bentuk beasiswa. Anda tahu, orang yang bekerja di perusahaan akan pensiun pada waktu tertentu sekaligus berpotensi dibajak atau pindah ke perusahaan lain. Nah itulah fungsinya bagi manajemen perusahaan untuk mendapatan SDM. Kalau dalam bentu lain, untuk lingkungan perusahaan atau pabrik, saya kira hal itu dilakukan pula, yang saya tahu di lingkungan sebuah perusahaan rokok di Jawa Timur, ada model pemberian modal usaha bagi para penduduk yang berdiam di sekitar pabrik. Dan ada banyak model lain. Soal optimal dan tidak, soal efektif atau tidak itu tugas anda dan kita semua sebagai peneliti untuk mengkajinya. Tapi perusahaan akan berpikir dari kepentingan profit, yang paling menguntungkan bagi perusahaan.

Salam

mth

putri - 27 Januari, 2014

Tolong bantu untuk pemilihan judul skripsi humas dong. Saya mau ngebahas mengenai mall grand metropolitan. Dimall tsb masih sangat sepi banyak tempat yg masih kosong. Saya bingung untuk pemilihan judul. Seandainya judul skripsi saya sepeti ini ” strategi humas grand metropolitan dalam menarik invenstor dan pengunjung”. Tepat gak judulnya atau ada yg salah ? Mohon bantuannya ya.

23. ndot - 30 Mei, 2008

tolongin dong….kasih gmbaran/abstraksi tentang kasus-kasus yang
berkenaan tentang publik relation….
klo ada ma beberapa referensi buku tentang PR ya…
buat nambah wawasan n bhn2 to skripsi
masih bingung nieee….to tugas akhir ato skripsi…
trims…

24. icha - 2 Juni, 2008

mbak, mas yang baik hati……. (cie…….)

minta tolong kasih data ato contoh kasus tentang internal relations yang bisa menciptakan citra positif perusahaan……

terutama yang berhubungan dengan perusahaan Event Organizer

makasiy sebelumnya…………….

25. airanaya - 7 Juni, 2008

aaaa……………
again………..
semuanya bermasalah sm skripsi rupanya….
hmmmm
ak jg….
hehe..

mau ngangkat bahasan soal british petroleum indonesia dalam bidang PRnya,
tp untuk kasus yang lokal jakarta dan sekitarnya, bukan yang daerah.
susah soalnya nyari ttg BP di net, kbanyakan skripsi anak tehnik minyak,,,
thanx..

26. Selvia - 23 Juni, 2008

Hai…Mau tanya duNk. Mau bikin makaLah nehh. Mohon bantuan nya yaahh… Mnurut kalian hubungan PR dalam advertising tuh apa c? Dan ada Penjelasan” yang spesifik nya gk? Thx Yoo…GBUz.

27. tha - 15 Juli, 2008

halo…sebenernya pengen nanya banyak sie,,coz lagi susun skripsi teantang humas eksternal juga..tapi berhubung udah deadline sidang…so…minta doanya aja ya…hehehe,,makasie ya..

28. Astri Oktaviani - 24 Juli, 2008

hai,,,hai,,,haiii
mau tanya nih..???
gimna caranya untuk menjadi seorang PR yang handal ???
aku ingin menjadi seorang PR yang handal dalm suatu perusahaan.
konci utamanya apa ya…..
tolong kasih masukan dong… untk saya..
thx… ya….

29. DeYn - 28 Juli, 2008

Hai…. saya sekarang semester 7 fakultas komunikasi public relations. kampus mewajibkan saya untuk MAGanG di divisi Pr atau apapun yang dibawah naungan Pr…. saya bener2 mentok.. udah kirim Cv sana sini tidak dikabari.kalo pun dikabari alasannya nya udah penuh.. JAdi tolong Donk!! bagi yang tau ada lowongan kerja buat PR tolong kabari yah..
buat bulan SEPtember OKtober selama 2 bulan. THx..
TRUs…. saya diwajibkan buat skripsi.. saya bener2 buta walau saya sudah belajar selama 6 semester tapi saya belum ada bayangan mau judul apa???buatnya gemana? isinya apa?? karena buku pansudan skripsi dari kampus tidak ada…
yang pasti saat ini saya hanya penuh dengan kebingungan …
tolong yah pencerahannya dari temen2 tentang judul apa, datanya mudah dicari…

30. astuty - 29 Juli, 2008

mba saya punya kesulitan mengenai media monitoring…boleh saya tau arti dan tujuan monitoring dan resensi bukunya mengenai media monitoring tersebut dari para praktisi humas..tolong yach

31. KaN9 KoBeN - 20 Agustus, 2008

Salam..

saat ini saya sedang mennyusun skripsi dengan judul
PEMBENTUKAN IDENTITAS BUDAYA KHAS DAERAH SEBAGAI STRATEGI PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH KABUPATEN TANGERANG

Kalo boleh saya minta referensi dunk tentang judul saya ini.. masukan apapun akan saya terima..

dan kalo ada saya minta bahan tentang PR GOVERMENT yah..

makasi

32. yoe - 25 Agustus, 2008

sebenernya beda com dev ma CSR apa ya??
yang paling terlihat pembedanya tuh apa??
yoe pernah ngambil judul tentang CSR tapi kata dosen itu bukan CSR karena ruang lingkupmya kecil, jadinya diganti ma Com. Dev goitu..

trus kalo peran PR dalam melaksanakan Co. Dev sebagai wujud CSR sendiri itu sebenarnya gimana ya????

makasih..

binun niy mau judul apa??/

minta saran dunk….

33. gusti - 7 September, 2008

haiiiiiiiiiiiiiiiiiiii,,,,,,,,,,,,,,,,, tolong aq nahhh….. pusingg mikirin skripsi ga slesai2. aq butuh referensi yang bisa menunjang skripsi,, yang memuat tentang upaya2 PR pemerintahan dalam mengembangkan sdm masyrkat…. di samarinda susah cari buku ttng PR maklum ilmu baru di kaltim,,,,,,,,,,,;;; makasi

34. dila - 12 September, 2008

pleaseeeee dong tolongin gw!
gw skr lg skripsi nieh,rencananya mau angkat CSR disuatu perusahaan,tp bingung deh judulnya apa ya?bantuin dong,rencana gw mau ambil kualitatif study kasus…;
help me….

35. dila - 12 September, 2008

bantuin gw ya….email gw deela_04@plasa.com
dila_nduth@yahoo.com
thanks b4….

36. EV - 12 September, 2008

skrg banyak konsultan PR yg sdang menjamur di masyarakat.termasuk saya sendiri sedang mngelola sbuah konsultan PR.berdasarkan xperience saya,di konsultan PR kebanyakan menjalankan fungsinya secara teknis sbgai EO.selain menjalankan ilmu2 PR terapan yg mereka punya,,nahh pertanyaan saya,tolong berikan saya masukan untuk judul skripsi saya yg berkaitan dengan keberadaan konsultan PR dan hubungan nya dengan pelaksanaan fungsi dan kinerja EO?!!
tolong bangedhhh yaaa…..
thanks a LOT!!!

37. rHenne - 12 September, 2008

rHenne
Talkin’baut konsultan PR aq j9 pnasaran bGd sama Peranan dan Kbradaan mrka, aq j9 brncana mW angkat tema itu jD bhan SKriPsi gt… bgusnya 9mn yag???..
ThX b4.. apl9 klo prtanyaan aq get some reply
once more i’d like 2 say
domo arigato gozaimasu

38. Ranti - 17 Oktober, 2008

Encroachment. . .
Sy sedang buth bnyk informasi tentang encroachment. . :(

39. erna - 27 Oktober, 2008

gw rencananya mw bqn skripsi smester ini, cuma masih bingung mw ambil judul apa, bisa tolong kasih ide gak, plizzzz!!

40. sandra star - 6 November, 2008

iih….kok gak lengkap banget c,sekarang nih aku lagi mau buat tugas proposal penelitian.aku butuh contohnya, bukan kayak gini aja,,,,lain kali yang jelas ya kalau mau memberikan informasi ke situs internet!!!!!!!!!!!!!!!!

tapi makasih dah mau denger masukan aku,,

41. mita - 14 November, 2008

skripsi??????

pengen banget,,nyusun skripsi secepetnya!!!biarpun masih semester 3..hee,,,biar cepet lulus dan dapet kerja,,

eeehhhmmm mbak,,mas,,
bantu aku dong enaknya,,ambil jududul apa ya???minta tolong kasih data ato contoh kasus tentang internal relations yang bisa menciptakan citra positif dalam sebuah negara yang berkembang!!

makasi ya,,sebelumnya..

42. intan - 18 November, 2008

Klu mau nulis skripsi mengenai komunikasi internal perusahaan apa yang diteliti pertama kali ya?

43. Rie - 10 Desember, 2008

share judul skripsi PR dumz… zobath,,

please…

44. novie - 14 Desember, 2008

hai aku mau share neh..
aku sedang membuat skripsi komunikasi Yang berjudul “Kegiatan corporate social responsibility di PT…”. yang saya masih bingung adalah apa yang harus saya kumpas tuntas…apa semua kegiatan yang berjalan di PT tersebut apa gimana???saya menggunakan study kualitatif..terimaskasih…mohonn masukkannnya dan kirim ke email ku yah
pie_dealova@yahoo.com
Pleasssssssssssseeeeeeeeeeeeee……

45. yeni - 8 Januari, 2009

haiiiii
aku sekarang udah semester 7 dijurusan ilmu komunikiasi prog.public relations di universitas mulawarman samarinda,n mw ngajuin judul.kira2 ada g yang mw bantuin buatkan judul buat aku.tks

46. yeni - 8 Januari, 2009

haiiiii
aku sekarang udah semester 7 dijurusan ilmu komunikiasi prog.public relations di universitas mulawarman samarinda,n mw ngajuin judul.kira2 ada g yang mw bantuin buatkan judul buat aku.tks
yen2_cute86@yahoo.com

47. ady umb - 9 Januari, 2009

pusing gw sm skripsi…….ge dah semester 9 nih bantuin gw dong

48. natasya - 2 Februari, 2009

semua org pd akhir smester pst bkl pusing dan stres sm yg namanya skripsi,,wlpun sampe tedik ini gw blm dpt tema/judul msh aja tetap santai and ga pusing” bgt cih apa mungkin gwnya yg blm kepepet heee.krn gw pikir semua pst dpt gilirannya kok jd jgn mrasa sendiri deh.. semangat yach tmn2 cu

49. vina - 20 Februari, 2009

hai aq pengen minta bantu dong, aq mahasiswi jurusan PR, aq jg lg mau buat skripsi, udah 3x ganti judul ni, rencananya aq mau ambil penelitian di kantor pos, tapi yang buat aq bingung, disana ga ada bagian PR nya, tugasnya PR malah dikerjain ama bagian SDM. tolng bantuin aq ya, aq tunggu lho sarannya. makasih ya…..tolong sampein lewat email aq ya…

nda - 3 April, 2011

vina..
aq jg lg mw buat seminar humas tentang pos indonesia.. tp jujur, masih bingung sama judul yg mau d angkat.. km gmn???

50. mita - 24 Februari, 2009

dear all…

sebentar lagi skripsi nih…rencananya mw ngangkat topik ttg cyber pr, qra2 yang bagus apa ya?
kalo qra2 judulnya “efektifitas penggunaan fansite terhadap image/awareness/lyalitas penggemar” gmana ya? itu ada yang nyangkut ttg pr ga ya?
qra2 ada ide yang lebih ngena’ gt ga?
please komen ya

51. Couz' - 1 Maret, 2009

hai.. sepertinya nih tempat curhat buat yg lgi skripsi nih..

aku juga lagi skripsi, tadinya mau bahas tentang analisa isi pemberitaan ttg citra indonesia di majalah luar negeri, tapi dikit banget majalah yang membahas..
Jdi sekarang ganti haluan.. Maunya analisis isi press release departemen2 kabinet Indonesia yg ada di website, tapi kok ada yang janggal yah rasanya.. Nah, tolong dibahas dung, gimana nih???

Thanks aloooootttt…..^^

52. Mei - 3 Maret, 2009

Malam,

saat ini saya sedang dihadapkan dengan skripsi,,rencananya saya ingin membahas Cyber PR dengan cara studi kasus dengan mengambil satu perusahaan..

apakah yang saya pilih ini tepat..?

Mohon bantuannya…
Terimakasih

53. uthie - 6 Maret, 2009

hai temen-temen yang lagi studi di PR…
mungkin kalian bisa gabung di milis

publicrelation_community@yahoogroups.com

yah sapa tau bisa ketemu ma org2 yang sukses di sana

54. MULIA - 14 Maret, 2009

Hai..minta saran dunk buat judul tugas akhir aq yang berkaitan dengan PR spesifik!!!.Blz k email aq za..!

55. novika - 16 Maret, 2009

ak lg skripsi neh..tp msh bgng bgt mo pke jdul ap n metode ap..
tlg ksh referensinya dnk..
thx

56. novika - 16 Maret, 2009

oh iy..ak ambl PR tp jdulny ttg komunikasi jg blh kok.tlg di bantu y..thx

57. QQ - 19 Maret, 2009

perbedaan pemasaran dengan public relations apa ya???

tolong dibantu yaaa….

58. dee amandha - 2 April, 2009

masih bingung newh mw skripsi tapi mpe sekarang belum ada bayangan mw ngangkat judul apa tentang PR…
tolong referensi’y dwonk…

59. kiki - 10 April, 2009

hlluw
mba,mas
tlongin sya dunk lagi mumet ni mw bikin jdul skripsi ttng PR..rncnanya sya mw bikin ttang masalah free sex di kalangan remaja..mhon bntuanya bwt ksh refrensi atw ada ide2 yg lain…tlong krim ke email sya yah amalia_qkey@yahoo.com
trimakasih

60. diska - 16 April, 2009

yg lain pada mau skripsi ya ? sy mau TA nih uda dpt judul yg lumayan lah tp kok bingung yah isinya harus gmn ? hiksss ..
tentang peran fungsi PR gtu . ada yg bs tolongin gag yah ? thx a lot :)

diska . batam
didububu@hotmail.com

61. mendemgadung - 22 April, 2009

Askum…met mlm, bs mnta tlng g? aq lg btuh pncerahan nih, pgn bkin skripsi tentang kampanye PR tp kmrn aq nemuin istilah social marketing yg pngertiannya hmpir sama dg kampanye, nah sbnrnya hubngn diantara keduanya sprti apa? apakah sama saja? trims

62. PaoeL - 15 Mei, 2009

bantuiiin aq cari judul donk untk skripsi qu untuk penelitan PR???BLS K eMAIL QU AJ!!Riniinthalla@yahoo.com

63. rini - 15 Mei, 2009

puuusiiinggg niiiey ylng ksiih msukan dunk

64. tony - 18 Mei, 2009

sebelumnya thx yaa, aq cari judul skripsi manajemen konsetrasi pemasaran, tempat yang di jadikan skripsi adalah perusahaan rental satge&lighting,aplikasi jassa,Evant Organizier

65. luintt - 29 Juni, 2009

huuuiiii….minta tolong dung buat bantu2 ide judul skripsi…twentwunya public relations punya….dateline akhir taun ni ne……huhuhuhuwwww…..help me yakkhhhhh..via email off course..

thx b4

^,^

66. nanda adistyani - 1 Oktober, 2009

rumkom,, help donk,, saya mau skripsi dan mau riset disalah satu radio dijakarta.. saya mau mengangkat salah satu program di radio tersebut, tapi masih binggung menentukan judulnya.. Judul yg mau saya ajukan “Program …. sebagai upaya implementasi strategi komunikasi PR Radio … dalam membentuk citra dan reputasi yang baik bagi perusahaan” gmana menurut rumkom??? any idea???

67. khey - 14 Oktober, 2009

skripsi… hm..
ak ud punya jdul tentan peran PR dalam memberi batasan informasi kepada konsumen…

tp kra2 judulnya apa ud tepat y… coZ ku takut kode etiknya PR itu kan penuh dengan strategi dan dstu aku susah nganalisanya…

gmana tuh?

68. hety puspita sari - 11 Februari, 2010

qu juga bingung nihhHHH..qu BARU smester 6!!! tapi qu lagi mikirin nihhh buwat skripsi judunlnya ap yahhh yg kira” pas di jurusan aqu PR????

69. claudia - 16 Februari, 2010

hy,,
yang gw baca di sini smua kendalanya sama ma gw,. heee
butuh banged judul bwt skripsi gw,. please somebody help me as soon as u can,. dateline banget nii,.
jurusan gw juga sama PR,.
please banged bantuin iia,.

70. tyaa - 24 Februari, 2010

hmm…bagaimana dengan cyber PR yaa?
ada yang punya refrensi ga?
skripsi gw ttg ituu…
makasii yhaa…

^o^

71. ARA - 3 Maret, 2010

hay..rumakom
hay..temen2..
aq ARA anak komunikasi (PR)
mo tanya dikit donk mengenai kasus terbaru yang menyangkut Pencitraan seseorang atau organisasi…
kalo ada ama latar blkng nya ya….plis
thx ;)

72. vivi - 24 Maret, 2010

bantuin dong cari judul skripsi sma propostal buat ajuin skripsi jga help kirim ke email gw ya lisviati_novriari@gmail.com

73. arim - 16 Mei, 2010

thanks share-nya sangat membantu…

74. nuryani - 21 Mei, 2010

bantuan aq jg ya untuk cariin judul proposal tentang komunikasi (PR) yg nantinya jg buat judul skripsi. please aq tunggu d email aq ya di yaninur2000@yahoo.com.

Thx before………..

75. oddi - 23 Agustus, 2010

mas kalo studi kasus tentang kaitan LSM dengan PR buat judul skripsinya yang bagus kira2 apa ya mas, tolong di bantu mas, kalo bisa referensi buku, teori2, pembahasan, dan lain2 tolong disertakan juga.

76. danarysty - 29 Agustus, 2010

waahhh… baru ambil konsentrasi Pr nihh…

hmm harus banyak-banyak belajar bahasa inggris lagi… ^^

77. benedictoes - 22 September, 2010

rumkom…
mw tanya ni…
baik dan buruknya ambil penelitian di humas pemerintah khususnya polri tuh apa sih??
yg membedakannya dengan humas perusahaan swasta apa krn tampaknya banyak yg lbh menyukai meneliti humas perusahaan swasta dibanding pemerintah…
ateng bawa kayu,,tengkyu…

78. diana - 16 Oktober, 2010

hai rumkom..
bantuin cari judul skkripsi yg kaitannya humas pemerintah khususnya polri dlm menghadapi media dumzzz….
pleaseeee…
thank u

79. zizul - 17 Oktober, 2010

lagilgi,minta bantu donk buat proposal mgenai humas,, ada 1 judul apa ni bisa,klo kurang bagus klimatnya tolong benahi dan minta refrensi apa aja,, “persepsi masyarkat terhadap kelompok kulit hitam dengan peran pr dalam mempertahankan komunikasi sekitar” blsnya ke email saya…
giox_zizul@yahoo.com

80. putri - 1 Desember, 2010

teman2 sayang bingung banget nech,.. saya ga ngerti masalah pr… saya mau skripsi tp masi bingung.. saya se udah dapat judul yaitu pengaruh informasi dan pr terhadap kepuasan pasien .. bagaimana ya cara kembangin skripsi saya?

81. ozzaq - 24 Desember, 2010

thanks infonyaaa
bsa jd referensi niiii

82. roy - 18 Januari, 2011

saya ingin mengangkat tema ttng prostitusi tp ada hubungannya dg PR… kira2 judul yg tepat apa yaa…??
thnks…

83. indi ibrahim pali - 8 Maret, 2011

pleace, , ,dong berikan contoh kasus PR, dan strategi PR berdasarkan tahapan-tahapan dalam PR??

84. epri mariani lubis - 21 Maret, 2011

hai rumkom….
awk ge bingung nie ma judul skripsi..
tolong bantuin donk,,,awq mo ngambil tentang PR, sekalian ma referensinya yakh…!!!

Pliss donk bantu…!!!!

85. epri mariani lubis - 21 Maret, 2011

hai rumkom….
saya ge bingung nie ma judul skripsi..
tolong bantuin donk,,,saya mo ngambil tentang PR, sekalian ma referensinya yakh…!!!

Pliss donk bantu…!!!!

86. anjink - 29 Maret, 2011

lo semua pada malas mikir….gunakan otak sedikit kenapa…
itu lah budaya anak bangsa Indonesia…Malas mikir

87. meiira - 3 April, 2011

mau buat seminar humas ttg PT.Pos.. kira2 judul yg tepat apa y??????????????

88. andrea - 18 April, 2011

oiiii tmn2 aq mau TA tlong ksih msukan judul dunk yg ga ribet buat nyeleseinya..
makasiii..

89. acie - 3 Juni, 2011

aq juga da mow skripsi ne,, tp ga taw judulnya apaa jugaaa…??????? bingung………..
apaalgi refrensinya kurng…
bantuin dong….

90. dila - 7 Juni, 2011

betul betul betul
aku juga binun mau skripsi. tapi judul apa yang tepat yah untuk jurusan PR yang mudah untuk dibahas ??????
thx

91. Albert - 10 Juni, 2011

Program CSR adalah suatu program yang dimana tidak ada keterkaitan perushaan dengan apa yang perusahaan berikan untuk orang lain diluar perusahaan. ambil contoh orang banyak berpikir bahwa smart fren telah melakukan CSR. Mengenai sumbangan ke korban gempa. segala macam sumbangan di Indonesia selalu dikaitkan dengan program CSR mereka. itu SALAH. karena yang mereka lakukan adalah Corporate Philantrophy. yaitu masih termasuk sumbangan. sama sekali bukan program csr.
Jadi kita-kita disinilah orang komunikasi untuk masa depan tidak boleh salah mengenai pemaknaan program csr ini.

btw, saya juga lagi mau menyusum skripsi loh. sudah membuat kualitatif Semiotika. dan skrg ingin ulang untuk ke Studi kasus. pusing memgenai judul pastinya.

Apakah Tenant Relations itu sudah dimaknai dengan benar di Indonesia ini?
karena saya ingin mengangkat salah satu mol di Tangerang yang telah memiliki tenant relations. entah dijalankan dengan benar atau tidak.

Happy Skripsi :)

92. artina - 12 Agustus, 2011

q minta bantuanya dunk skrg kan q lgi magang di bag marketing di salah satu mall, klo kuliahnya q ambil PR mksdnya sekalian magang ini q mau cri bahan skripsi sekalian klo q mau ambl judul hub tenant m manajemen gto yg dibhas apa aja ya ato g y ksh ide judul dunk buat skripsi, makasih y tlg bls di email q
art_nue@yahoo.com

93. ayya - 3 Oktober, 2011

aaaaaaaaaaa gue bingung nih,, deadline bgt _-_ 2minggu lg mesti jd bab 3, gw udh nyicil smp bab 2 ehh disuruh ganti instansinya … paraahhh bgt :((( mentok2 gw ngangkat humas dikelurahan juga niy T.T

94. Natalia - 6 Oktober, 2011

Rumakom saya mohon bantuannya, saya ingin membuat makalah tentang Etika Publik Relation dalam masyarakat multikultural Indonesia, referensi buku apa saja yg hrs saya cari, contoh kasus nya spt apa.Mohon infonya…
alamat email: natalilydia@yahoo.com
atau tmn2 disini mohon bantuannya juga
sebelumnya saya ucapkan terimaksaih

95. Bichan - 8 Oktober, 2011

butuh judul nih ttg PR yang lg hot di indonesia…?

96. ikhsan budiarto - 9 Oktober, 2011

please, help me.. berkali kali judul saya di tolak… bantu saya ide judul dengan konsep Public Relations atau Humas.. terima kasih

97. putri - 18 Oktober, 2011

butuh sebuah referensi judul TA min 20 ya..kirim email moslem_sweety@yahoo.co.id..
saLam kenal…:)

98. ghifary - 20 Oktober, 2011

please help me too.. bagaimana PR pemerintah menyusun strategi, didalam membangun hubungan media dengan insan pers?

99. rusli - 19 November, 2011

saya tidak minta komentar.tapi aku minta bantuannya untuk di carikan judul skripsi yang terkait dengan jurusan saya jurnalistik. mohon bantuannya

100. Rina - 3 Februari, 2012

butuh judul skripsi tentang PR nih..
pLeaseee..

101. zrn - 17 Juli, 2012

haiii, saya butuh bantuan kalian.. judul skripsi saya beberapakali di tolak… rencananya saya ingin membuat skripsi dengan pendekatan kuantitatif mengenai customer relations namun belum mendapatkan judul yang pass… terimakasih atas bantuan teman2 :)

102. wira firmalinda - 13 Desember, 2012

Haikawan……salam kenal yach……bantuin dong cariin kasus singkat ttg etika humas pemerintahan…..krm aja ke emaik koe y wirafirmalinda@yahoo.com

103. putri - 27 Januari, 2014

Tolong bantu untuk pemilihan judul skripsi humas dong. Saya mau ngebahas mengenai mall grand metropolitan. Dimall tsb masih sangat sepi banyak tempat yg masih kosong. Saya bingung untuk pemilihan judul. Seandainya judul skripsi saya sepeti ini ” strategi humas grand metropolitan dalam menarik invenstor dan pengunjung”. Tepat gak judulnya atau ada yg salah ? Mohon bantuannya ya.


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

