jump to navigation

Analisis Pendapat Umum 18 Januari, 2008

Posted by rumakom in riset, riset khalayak.
trackback

Ada dua cara yang dapat dilakukan dalam menganalisis pendapat umum, ialah penelitian dan promosi. Penelitian berusaha mengetahui isu-isu tertentu. Misalnya isu-isu, lamanya isu, proses terjadinya pendapat, kekuatan kelompok dalam mempertahankan pendapat, sifat-sifat publik yang berkenan dan aspek-asek publik lainnya. Adapun analisis pendapat umum yang berhubungan dengan promosi, dimaksudkan untuk memberi pendidikan dan kesadaran seseorang tentang pendapat umum. Kedua macam analisis ini memberi manfaat agar petugas public relations dapat mengetahui tingkat dan kecenderungan pendapat umum, proses pembentukan pendapat dan sebagainya.

Keikutsertaan seorang petugas public relations dalam kegiatan pengumpulan dan analisis pendapat, merupakan pengalaman praktis yang sangat berguna. Tentu saja untuk mengetahui pendapat umum banyak cara yang dapat dilakukan. Hal ini tergantung pada ruang lingkup, ketetapan pengukuran dan biaya yang tersedia.
Cara untuk mengetahui pendapat umum lewat pemilu dan referendum, memang hasilnya dapat dilihat dan dihitung secara nyata, serta mencerminkan pendapat umum yang sebenarnya. Akan tetapi cara ini memerlukan biaya yang sangat besar, serta melibatkan banyak tenaga yang kadang-kadang sulit dikendalikan.

Potong Kompas
Ada beberapa cara untuk mengetahui gejala atau tanda-tanda pendapat umum yang dapat dipakai oleh petugas public relations tanpa mengeluarkan banyak biaya. Meskipun cara ini bisa saja dipersoalkan dari segi keabsahannya, paling sedikit ia daat memberi gambaran kasar tentang pendapat umum yang ingin diketahui.

Adapun cara yang paling mudah untuk mengetahui pendapat umum ialah melalui guntingan surat kabar. Di Indonesia berita-berita surat kabar paling sedikit dapat dikatakan pencerminan pendapat umum. Sebab para pejabat negara seperti menteri, Dirjen, politisi, cendikiawan, tokoh dunia usaha (konglomerat) menggunakan media massa untuk mengungkapkan pendapat-pendapat mereka. Baik hal ini berkaitan dengan kebijakan negara maupun kepentingan orang banyak.

Melalui guntingan surat kabar, seorang pemimpin atau manajer dengan cepat dapat mengetahui isu apa yang paling banyak dibicarakan dalam masyarakat. Apakah isu yang berkembang itu ada hubungannya dengan organisasi atau perusahaan yang dipimpinnya. Untuk itu seorang petugas public relations yang baik harus dapat membuat guntingan surat kabar untuk kepala kantornya.

Surat-surat pembaca maupun yang diantar langsung kepada organisasi atau perusahaan yang bersangkutan, juga dapat dinilai sebagai pertanda adanya pendapat umum. Petugas public relations perlu merekam semua surat yang masuk, baik berupa pujian maupun berupa kritik.surat-surat tersebut harus dipelajari sebagai bahan rujukan dalam memperbaiki langkah-langkah seperti yang diinginkan oleh publik sasaran.

Laporan agen atau perwakilan tentang tanggapan masyarakat luar, juga dapat dinilai sebagai pendapat umum tehadap organisasi. Begitu pula pernyataan atau pendapat para tokoh yang berpengaruh dalam masyarakat terhadap organisasi. Sebab dengan kepemimpinannya, kepandaian dan kewibawaannya ia mudah mempengaruhi masyarakat umum. Anggota masyarakat yang lain bisa juga dimintai pendapatnya tentang kinerja atas produk-produk perusahaan melalui orang-orang tertentu yang ditugaskan untuk pekerjaan itu.

Cara lain yang bisa dilakukan ialah melalui panel. Dengan cara ini petugas public relations mengundang para pakar memberi pendapat tentang organisasinya. Agar pendapat itu bisa bervariasi, maka pakar yang diundang sedapat mungkin diganti dalam setiap panel yang dilakukan. Adapun cara yang paling terakhir dan diniai paling kontemporer, ialah melalui survei. Cara ini memakai pendekatan ilmiah dengan metode sampling dan analisisnya dilakukan dengan pemikiran statistik.

[mthdst]

Komentar»

1. hamdan - 6 Maret, 2008

Terima kasih. Saya usaha yang baik. Pasti bawa banyak manufaat dan berkat. Hamdan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: