jump to navigation

Pendekatan Atas Khalayak atau Publik 19 Januari, 2008

Posted by mth in penyiaran, public relations.
trackback

Pihak yang menjadi sasaran pesan bisa terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk organisasi, instansi, departemen, partai, atau negara. Penerima biasa disebut dengan berbagai macam istilah, seperti khalayak, sasaran, komunikan, kosumen, klient, target, atau dalam bahasa Inggris disebut audience atau receiver.

Pengertian Publik “sekelompok orang yang menaruh perhatian pada sesuatu hal yang sama, mempunyai minat dan kepentingan yang sama. Publik dapat merupakan group kecil, terdiri atas orang-orang dengan jumlah sedikit, namun juga bisa merupakan kelompok besar. Biasanya individu-individu yang termasuk dalam kelompok itu mempunyai rasa solidaritas terhadap kelompoknya—walaupun tidak terikat oleh struktur yang nyata, tidak berada pada suatu tempat atau ruangan dan tidak mempunyai hubungan langsung (Abdurrachman, MA.: 2001)”

“sekelompok orang yang mempunyai kepentingan yang sama. (Robinson)” “pesan-pesan publik adalah hal yang bermaksud untuk mencapai banyak orang atau yang mempunyai potensi untuk mencapai masyarakat secara luas.(Borden dan koleganya)”

Membedakan Publik

Inti tugas public relations dalam interaksi organisasi dengan publik adalah menciptakan keselarasan antara informasi dari perusahaan dengan reaksi dan tanggapan publik, sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan menguntungkan kedua belah pihak. Maka tujuan public relations diarahkan pada komunikasi ke dalam dengan publik intern (internal public relations) dan ke luar dengan publik ekstern (external public relations).

[dst]

Komentar»

1. titiw - 21 Februari, 2008

Misi.. ambil dikit buat bahan kuliah..

2. mth - 21 Februari, 2008

Silahkan, senang bisa membantu!

mth


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: