jump to navigation

Jaringan Komunikasi: Konsepsi 30 Mei, 2008

Posted by mth in perspektif teoritik, riset.
Tags:
trackback

Istilah jaringan komunikasi menyatakan suatu sistem yang menyalurkan informasi di an tara anggota sebuah kelompok.  Jaringan komunikasi dapat dipandang sebagai satu dari dua jenis utama, informal atau formal. Jaringan informal sering kali disebut sebagai jaringan komunikasi sesaat.

Jaringan-jaringan ini terjadi dalam komunikasi antarpribadi di mana tak seorang pun secara sadar menentukan atau menggunakan titik kontak tertentu. Namun, jaringan-jaringan itu muncul ketika para peserta secara bebas berinteraksi dengan setiap orang, dalam tingkat frekuensi dan intensitas yang berbeda. Beberapa kajian telah menunjukkan bahwa sepanjang waktu jaringan-jaringan sesaat ini cenderung menjadi sumber informasi yang stabil dan dapat diandalkan. Rumor, gossip dan bentuk pertukaran informasi tak berbentuk lain adalah jenis transaksi dasar dalam jaringan ini.

Jaringan formal sering kali dianggap sebagai jaringan komunikasi terencana. ]aringan ini adalah suatu jenis komunikasi antarpribadi di mana interaksinya terjadi dalam jaringan yang secara sengaja dirancang. ]adi, jaringan ini mempunyai bentuk. Dalam proses pembentukannya, pertimbangan utamanya adalah faktor status dan peranan. Banyak kehidupan masyarakat dewasa ini membutuhkan terbentuknya jaringan komunikasi. Kedua jenis jaringan ini mempunyai jaringan keterhubungan yaitu tingkat di mana seorang peserta memiliki akses komunikasi kepada anggota jaringan lainnya. Dalam jaring “semua saluran” (aD-channel), semua anggota dapat berhubungan satu sarna lain. Dalam jaring “terbatas”, sejumlah peserta memiliki akses terbatas atau sama sekali tidak memiliki akses kepada beberapa anggota jaringan.

Komentar»

1. yuni - 10 Maret, 2009

Dengan perkembangan jaman dan teknologi, makin lama kegiatan PR juga menggunakan dunia maya, atau yang sering kita dengar cyber PR. Bisa dijelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut. Tq

2. maya - 27 Maret, 2010

jujur.. aku masii bingung tentang jaringan komuniaksi..
hal tersulit saat menganalisis jaringan komunikasi apa sii??

3. ninda - 21 Juni, 2010

jaringan komunikasi, apakah bisa dikatakan link??
atau networking?? karena semakin bagus jaringan komunikasi kita maka koneksi pun akan semakin bagus


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: