jump to navigation

Tentang Kami

Selamat datang di rumakom.wordpress.com.

Rumah komunikasi didedikasikan bagi pembelajar dunia komunikasi. Kami senang jika blog ini bisa bermanfaat, dan akan bergembira jika menyebutkan sumbernya ketika ada pengutipan. Karena kami pun melakukan hal yang sama, berupaya terbuka dan menyebut nama sumber sedetail mungkin.

Layaknya rumah belajar, blog ini membuka kesempatan bagi semua pengakses untuk mengirimkan naskah, artikel atau hal apapun terkait dengan ilmu komunikasi.  Bahan belajar pun atau ringkasan hasil bacaan bisa masuk dan menjadi wahana belajar kita semua.

Salam

dewi (dstanti@gmail.com)  dan taufik (myhafaz@yahoo.com)

Komentar»

1. dea - 6 Oktober, 2007

halo, aku dhea,aki mahasiswi baru jurusan PR dunk. thanks yaaa aku jd tau banyak tentang PR… kalo boleh aku pengen nanya nec gimana ci caranya jd seorang PR yang gak GAPTEK. trus UKM apa yang menunjang? thank

dedy - 25 November, 2011

ya …………….. bljr yang bnyak

2. mth - 8 Oktober, 2007

Kepada Dea:

Selamat datang di dunia PR. Untuk seorang PR, menurut kami paling tidak dibutuhkan tiga kemampuan dasar, pertama menulis, kedua, relasi antar manusia, dan ketiga manajemen. Persoalan gaptek pada dasarnya juga sangat terkait dengan ketiga hal tersebut.
Ada beberapa milis yang bisa digunakan sebagai bahan referensi, sebut saja iPerhumas dan PR Society.
Soal UKM menurut kami baiknya cari yang bisa mengasah tiga kemampuan dasar tadi.
Selamat belajar!

dewi & taufik

3. Dian IP.Sara Saretta,S.Sos - 30 Januari, 2008

hai.this is Dian Saretta….aku graduated dari PR, kalo aku boleh kasi didkit comment untuk major yang satu ini emang ga ada matenya….keren abis dan penuh tantangan. Satu pesan yang selalu saya kenang dan menjadi pedoman dari dosen saya berkaitan dengan PR if….”peluang adalah tantangan”, jadi PR memang penuh dengan tantangan. Tapi sayang sekali lo….di Indonesia ini tidak semua masyarakat mengenal dan memahami peran dan fungsi PR secara gamblang,tapi pengertian mereka hanya setengah-setengah dan bahkan ada pengertian tentang Pr yang sangat salah kaprah sekali, keadaan ini pernah saya ketahui ketika saya di Bali, beberapa restourant disana memperkerjakan PR sebagai sarana untuk menarik pelanggan, tapi you know……..seperti apakah PR yang mereka maksudkan?Really……so sexy as hostest……busana sexy dan sedikit seronok, jelas donk aku yang dah lama kul di bidang ini dan bekerja dibidang ini sedikit terluka hati dan perasaanku………(hiks,,,hiks,,,,,), kenapa?karena ternyata tidak semua peran PR dapat diketahui dan dijalankan sesuai dengan porsinya, percayakan kalo PR adalah ujung tombak perusahaan, dan seorang PR pula yang menjadi wakil bagi perusahaan dalam rangka membentuk sebuah image perusahaan, examp baik buruk image perusahaan tergantung bagaimana PR dapat membawanya, lain itu PR juga memilki peran yang strategic sekali dalam perusahaan, dapat mendengar, melihat, dan menyampaikan berbagai hal berkaitan dengan perusahaan untuk disampaikan pada pimpinan sehingga dapat dibentuk sebuah kebijakan yang mengarah pada kepentingan kedua belah pihak yaitu perusahaan dan publik eksternal lainnya……..makanya aku shock banget ketika tau bagaimana PR diluar sana…..terbersit juga sih untuk mengadakan event as seminar atau talk show tentang PR biar masyarakat menjadi lebih tau tentang PR. Oya aku juga seneng banget ada blok seperti ini lho….berarti ini dapat membantu PR-PR muda agar mereka bisa sharing tentang PR dan masyarakat jadi lebih paham setelah membaca blog ini……thaks ya….n’warm regreat for all PR…….Indonesia, kibarkan bendera PR di Indonesia

4. mth - 30 Januari, 2008

Boleh juga kisah dan pengalaman dibagi dalam blog ini mbak Dian. Akan sangat membantu jika ada cerita dari praktisi.
Salam. Sukses selalu!

5. ary - 2 Februari, 2008

whew…aloo mba dian..mase ingat kah am diri q??q pernah jadi muridmu loh pas kamu jadi asdos..emang ga sedikit pihak-pihak yang menyepelekan ataupun menyalahgunakan dari fungsi PR..asal tau aja PR lebih dari segalanya…coba bayang kan saja misal ada sebuah produk yang hanya mengandalkan dari peran iklan…tentunya porduk itu memang akan terinformasikan kepada khalayak. namun apakah dari iklan tesebut produk itu akan tahan lama dibenak para konsumen?????bisa jadi malah hanya sebagai angin lewat saja…dengan menggunakan fungsi PR sebagai bagian dari promosi produk tersebut saya yakin brand image dari produk tersebut akan terus melekat dibenak para konsumen….ayo buktikan bila anda masih ragu dengan PR….

6. rumakom - 4 Februari, 2008

mm menarik juga

7. lhiya - 18 Februari, 2008

mb…mas lia seneng nie ma rubrik beginian
klo mo ikutan gabung gmn….????

8. mth - 18 Februari, 2008

Silahkan gabung, jika punya tulisan langsung dikirim ke email kami. Atau anda ingin menjadi kontributor untuk tulisan di blog ini. Silahkan kirim email anda beserta tulisan anda. Pada intinya, kita semua di sini saling belajar dan berbagi pengalaman dan hasil bacaan.

Salam

mth

9. ians - 27 Februari, 2008

Halo mbak Dewi dan mas Taufik,

Sebelumnya saya mau ngucapin makasih atas ilmu yang diberikan di blognya.. (jaringan komunikasi).

Saya mau tanya mbak/mas, bagaimana cara mengolah data analisis jaringan komunikasi?

Saya sudah membuat kuesioner dan telah diisi oleh responden yang saya tuju, tapi meskipun saya sudah membaca langkah2 dan cara bagaimana mengolah data tersebut, namun saya tetap tidak mengerti cara mengolah datanya? Apalagi setelah berhadapan dengan program NEGOPY, makin pusing!!

Mbak Dewi dan mas Taufik, dimana saya harus mencari tempat olah data tersebut??karna sudah saya cari2 tp tidak ada yang bisa…

Tolong Mbak pencerahannya…please…: )

Makasih.

Toen

10. fitri - 2 Maret, 2008

wah seneg bgt ada situs yang ngebahas tentang pr gini..aku mo minta lamat2 konsultan pr yang mo dijadiin tempat magang atau job training.aku lulusan pr unpad.tp aku blm pernah punya pengalamn kerja jadi staff pr. magang di konsultan pr adalah salah satu keinginan ku buat ngedapatin ilmu lagi.. aku seneng bgt kalo mbak mo ngasih alamat konsultan pr yang bisa dijadikan t4 magang. trims

11. nezia - 3 Maret, 2008

bisa cariin model teori yang tepat tentang PR ngga khususnya yang berhubungan dengan strategi kalo bisa refernsi bukunya jug yah thanks

12. sekar - 4 Maret, 2008

bisa bergabung jadi anggota APPRI?? klo bisa minta formulir dong

13. aisyi - 6 Maret, 2008

wah wah wah aq seneng banget da blog kayak gini,aq kemarin baru ja dapat mata kul dasar2 humas yang pertama tapi kemarin aq agak kurang tertarik gitu tapi gak tau napa setelah baca ini ni aq jadi kepingin tau lebih tentang pr bukan hanya karena aq da mata kulnya tapi emang jd tertarik lebih dalam gitu….apalagi setelah dengar banyak yang mlesetin pr dengan pengertian yang salah kaprah yang purel2an lah inilah itulah gak jelas n ngawur banget so atiq ikut teriris iris ya mbk mas ya huiks,hiks,hiks,hiks….so demi memajukan PR di negara qt yang tercinta ini MARI KITA SATUKAN LANGKAH BERSAMASAMA CAYO!!!!GO PR GO…..SEMANGAT, tetep doa dan usaha kunci utama….. mohon info2nya ya….. bagi kami para pemula,thanks,,,,,

14. Orlensi - 10 Maret, 2008

hai…hai…
dewi dan taufik,,ni gw orlensi, beby dan hana qta seneng banget ada blog kayak gini jadi qta bisa sharing tentang dunia PR secara detail,qta bertiga dari mahasiswa fikom UPI YAI jurusan Public Relations semester 8..
Oya qta bertiga mo ikutan gabung tp gmana caranya ya?qta baru mo mulai nyusun skripsi nich,,jadi klo ada kesulitan tolong dibantu yah?

15. rumakom - 11 Maret, 2008

Maaf sekali ada tugas keluar dan bergantian yang membuat kami belum bisa membalas masing-masing pertanyaan. Nah kita coba jawab satu persatu dan berbagi informasi.

Untuk : ians – 27 Februari, 2008
Masalah jaringan komunikasi, pengolahan datanya setahu saya ada software tersendiri. Jika anda bisa online, ada beberapa situs yang menyediakan informasi seperti itu.
Seperti link ini:
http://stinet.dtic.mil/oai/oai?verb=getRecord&metadata
Prefix=html&identifier=ADA222061
Kami kira tidak usah berpikir rumit, tetap sederhana saja.
Langkah yang paling sederhana ada di buku Metode Penelitian Sosial,
terbitan Universitas Airlangga, editornya Bagong Suyanto.

salam

16. rumakom - 11 Maret, 2008

Untuk Fitri – 2 Maret, 2008
Soal magang mungkin baiknya coba anda ikut milis pr,
bisa di-search saja di yahoogroups.
Setelah itu kirimkan cv anda secara personal ke
e-mail penanggung jawab perusahaan yang akan anda tuju.
Ingat, usahakan beri target yang jelas, misalkan apa target anda serta
deskripsikan kemampuan anda yang bisa memberi kontribusi ke perusahan itu.

Selamat mencoba, sukses selalu

17. rumakom - 11 Maret, 2008

Untuk:nezia – 3 Maret, 2008
Strategi PR, wah ini sebenarnya banyak buku yang membahasnya.
Cuma kebanyakan sepotong-sepotong. Kalau data yang terbaru anda
bisa search di websitenya http://www.ipra.org/
Buku yang bisa digunakan karangan
Kasali, Rhenald. 2005. Manajemen Public Relations. Jakarta: Grafiti
Jefkins, Frank dan Daniel Yadin. 1996. Public Relations. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga
Gozali, Dodi M. 2005. Communications Measurement, Konsep dan Aplikasi
Pengukuran Kinerja Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Mungkin bisa (sedikit) membantu.

salam

dst

18. rumakom - 11 Maret, 2008

Untuk sekar – 4 Maret, 2008
mungkin bisa dimulai dari ikut milis pr-society atau iperhumas.
Disana anda akan lebih banyak mengetahui syarat dan kondisi.

salam

mth

19. rumakom - 11 Maret, 2008

untuk aisyi – 6 Maret, 2008 dan Orlensi – 10 Maret, 2008
Kami sepakat. Khusus untuk trio orlensi, beby dan hana yang seneng banget.
Anda bisa berpartisipasi dengan mengirikan tulisan
melalui email kami. Atau jika punya account di wordpress,
kami bisa membagi user untuk mengupload tulisan anda.
Tentu sesuai dengan tema dan kategori yang ada.
Undangan ini juga berlaku buat teman-teman lain.
Soal skripsi, selama kami bisa bantu dan saling berbagi sebagai teman diskusi,
silahkan. Kami selalu membuka diri.

Salam

dst

20. yoan - 16 Maret, 2008

halo mbak atau mas…
saya lulusan PR FIKOM UNPAD…baru lulus kemarin (nov 2007)
dan sekarang masih mencari pekerjaan…
sebetulnya klo masalah dapat pekerjaan insya allah ga sulit, tapi sisi idelisme saya masih sangat kental untuk mencari pekerjaan sebagai seorang PR, terutama PR perusahaan terkemuka,,,
nah yang mau saya tanyakan, mengapa dari sekian banyak lamaran dan pelamar, lowongan pekerjaan untuk PR, lebih banyak dibuka bay ANY DICIPLINE dan malah akhirnya posisi PR dialihkan menjadi MARKETING, mohon informasi mengenai perlindungan profesi untuk PR, setahu saya sedang diproses, tapi sejauh mana prosesnya saya kurang tahu, apa mas/mbak bisa bantu?
terima kasih…

21. jo - 16 Maret, 2008

iaa mas/mbak, saya juga sangat ingin mengetahuinya,kapan kah waktunya ada perlindingan profesi untuk PR? Seperti layaknya seorang dokter atau pengacara, sudah saatnya tidak sembarang orang yang menduduki posisi PR. terima kasih…

22. reno laila fitria - 22 Maret, 2008

Terima Kasih ^_^

23. isti - 24 Maret, 2008

to mba dewi or mas taufik
saya pengen ikutan di blog ini, seru kayaknya
saya mahasiswa akhir di UPI YAI jurusan PR. Rencananya lagi mau ngajuin outline untuk skripsi, tapi saya masih bingung karena ada 2 tema yang menurut saya sama-sama menarik yang pertama gaya komunikasi seorang pemimpin di suatu wilayah gitu. Pengennya ambil judul Pengaruh Gaya Komunikasi Terhadap Kerberhasilan Implementasi Otonomi Daerah. Kedua tentang CSR (lagi ngetrend) Kira-kira mana ya yang paling ok.
Thx untuk bantuannya

24. mth - 24 Maret, 2008

Untuk Yoan dan Jo,
perlindungan profesi PR saya kira terletak pada asosiasi. Melalui asosiasi ada program dan kegiatan yang memang diarahkan untuk pengembangan baik kualitas hingga perlindungan tersebut. Coba anda aktif dalam milis diskusi para praktisi PR

salam

mth

25. mth - 24 Maret, 2008

Untuk reno, senang sekali bisa membantu

Untuk isti, ini sekadar opini dan anda bisa pertimbangkan ulang. Masalah implementasi otonomi daerah itu saya pikir cukup kompleks, terus dimana kita bisa gunakan term keberhasilannya? Award atau yang lain. Jika CSR mungkin sangat menarik, tadi pagi saya sempat ketemu dengan PR sebuah BUMN yang bercerita tentang CSR di lembaganya. Saya menangkap bahwa CSR selalu dominan diisi dengan kegiatan yang sifatnya karitatif pemberian bantuan bukannya kegiatan yang membuat komunitasnya mendukung dan sejalan dengan visi perusahaan. Semoga bisa memicu ide yang lebih baik

salam

mth

26. isti - 25 Maret, 2008

Wah, makasih masukannya, seneng bacanya
setelah saya analisa lagi memang lebih baik bikin yang opsi kedua.
Dan…. Baru aja selesai bikin outline-nya, doakan mudah-mudahan bisa langsung acc, semakin berasa mantap rasanya.

sekali lagi terima kasih.

rgd
-isti-

27. JJ - 1 April, 2008

wah bagus sekali yah blog ini, kebetulan saya seorang mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Manila, Philippines dan sedang mengambil program Master in Marketing Communication, lucunya di saat saya sedang sibuk2nya mempelajari Brand Management, Marketing strategy mata saya terpukau dengan dunia PR dimana menurut saya PR is the most powerful tool to create market awareness. di dalam brand equity sendiri PR mempunyai peranan yang sangat penting di saat metode lainnya sudah tidak berfungsi, PR menjadi andalan pada sebuah Company atau Brand. Kalau boleh di samakan dengan sebuah film PR adalah aktor/aktris pembantu yang terlihat tidak signifikan/menonjol tetapi mempunyai peranan yang sangat penting yang bisa membuat film itu menjadi menarik atau tidak, sayangnya masih banyak sutradara (company) yang belum bisa melihat sisi itu. wah jadi curhat yah (lol)

Untuk blog ini, saya salut. good job!!! by the way, apakah saya juga bisa berbagi pengetahuan atau memberikan kontribusi tulisan di sini? mudah-mudahan bisa membantu teman-teman lainnya.

Terima kasih
-=JJ=-

28. mth - 2 April, 2008

JJ, tulisan anda kami tunggu. Bisa ke alamat email dstanti@hotmail.com atau myhafaz@yahoo.com.
Atau jika ada account wordpress, mungkin anda bisa bantu support tulisan secara langsung. Artinya anda bisa menulis langsung dalam blog ini. Kami yakin banyak pengetahuan dari Manila yang bisa ditularkan kepada teman-teman yang ada di Indonesia.

salam

mth

29. Bayu - 2 April, 2008

Ada alamat lengkap ga??
Pengen silaturahmi langsung

30. dev - 3 April, 2008

Hi,
saya mahasiswi PR, saya lagi belajar tentang kode Etik PR, yang saya bingung kenapa tidak ada dibuat sanksi2 untuk pelanggara Kode Etik dalam pasal2nya yaa??? bisa dibanti jelasin gak, dan apakah Kode Etik PR itu bisa gigolongkan Norma Hukum?

thx
dev

31. mth - 3 April, 2008

Kode etik, sepanjang pengetahuan saya, adalah panduan etika. Nah etika memang di atasnya hukum positif, tetapi tidak bisa dijadikan dasar bagi sanksi hukum positif. Etika yang dikodifikasi dalam bentuk hukum baru bisa diterapkan sanksinya. Sama seperti soal pornografi, secara etis tidak boleh disebarluaskan di depan umum, tetapi ketika melalui internet perlu ada regulasi seperti UU ITE yang sekarang lagi rame itu

salam

mth

32. Hary - 9 April, 2008

Hai, saya udh bbrp kali pindah kerja contract based (ini tpt krj yg ke 10). Sdh capai kerja digaji orang, sy ingin bis bk lapangan krj dan gaji orang. Sy mau bk konsultan PR, krn pernah jd wartawan sebentar. Jd sy mhn jk ada yang bisa bantu kirimkan contoh proposal anggaran penawaran jasa purel. Apa saja pos-pos expenditure yg hrs dimasukan dalam proposal yg kita tawarkan kpd klin.

Terimakasih

Hary

33. eyn - 22 April, 2008

bersyukur banget ketemu blog kaya rumakom ^o^
saya lagi butuh materi tentang model teori strategi komunikasi. tapi seringnya cuma ketemu tentang strategi PR. beda kan ya, strategi komunikasi dan strategi PR. terus, setau saya ada teori strategi komunikasi dari Wilbur Schramm & Gerald Miller, tapi yang kaya gimana strateginya, saya ga tau. selama ini nyari di internet, tapi belum dapet. aku minta tolong dong, cariin tentang teori strategi komunikasi, sekalian dengan referensinya juga deh…makasih ^_^

34. Tuty Simangunsong - 23 April, 2008

Saya mau buat skripsi, topiknya: Suatu diskotik atau karaoke sekarang banyak bermunculan, sementara perusahaan ini harus bersaing dengan kompetitor yang bagus, besar dan mewah. Jadi bagaimana cara mempertahankan pelanggan yang lama dan mendatangkan pelanggan yang baru, ditambah lagi banyak razia oleh pihak kepolisian. Pertanyaan, judul apa yang cocok tuk topik & referensi bukunya? Kemudian kalau saya libatkan masalahnya ada segi razia dari pihak kepolisian, bisa mendapatkan datanya? Thaxs B4

35. tika - 6 Mei, 2008

saya tika dari PR stikosa-AWS
sekarang tika sedang ada tugas UTS manajemen PR (tjuk Suwarsono), ada pertanyaan tentang istilah ekonomi Blue Chips. tika dah usaha nyari di buku.nanya ke temen yang ambil ekonomi, tapi belum dapet definisi yang sreg… ada juga tapi dalam bahasa inggris yang susssaaaah baget. plis… bantu yaaa….
thanx….

36. orlensi fanadia - 9 Mei, 2008

hai dian dan taufik..
ni orlensi,,tolong bantuannya dounk aq lg nyusun skripsi niey bru masuk bab 1 siey tapi aq masih bingung niey tentang jenis penelitiannya,,skripsi yang aq ambil judulnya “pengaruh iklim komunikasi organisasi dalam peningkatan motivasi kerja karayawan”,,klo menurut kalian sebaiknya aq itu pakai metode kuantitatif or kualitatif ya? biar lebih mudah dan cepat prosesnya..!!!
Trus skalian ya teori apa aja yang bisa aq pakai di judul tersebut…Please dounk bantu aq…Thanks

37. eyn - 14 Mei, 2008

hiks..mbak, mas..lama nunggunya…….
<:,(

38. lia - 18 Mei, 2008

allow dian and taufik
aku lia, graduated from communication major, dengan konsentrasi yang aku pilih PR. ku tertarik banget dengan dunia yang satu ini dan sangat memimpikan untuk bisa menjadi seorang PR dan menjadi seorang konsultan PR. aku sekarang lagi prepare buat lanjutin s2 PR dan tinggal tunggu tanggal masuk ajah. nah!! berhubung aku ambil kelas kusus yang jadwal kulnya itu cuma jumat dan sabtu, aku pengen isi waktu dengan magang sebagai PR atau konsultan PR. aku kul di Bandung, jadi aku mau minta tolong donk kasih info tentang perusahaan terkait sehubungan dengan impian dan cita2ku ini,,,,,
help me yaw!!
thank’s be4

39. dindy - 19 Mei, 2008

Selamat siang.Nama saya adalah dindy,mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran jurusan humas.Saat ini,saya sangat mengikuti kenaikan harga BBM yg katanya disebabkan oleh naiknya harga minyak dunia.

Mungkin karena ilmu humas saya yang masih dangkal,saya memandang permasalahan ini sebagai sebuah labirin,dimana semua pihak tidak mau disalahkan:Pemerintah dgn dalih upaya menyelamatkan sektor finansial akibat kenaikan harga minyak dunia.Produsen minyak dgn dalih mengikuti peraturan yg ditetapkan pemerintah.

Kenaikan harga BBM yg disertai dgn kelangkaan bahan bakar dan unjukrasa,hal ini membuat saya bertanya apakah dalam permasalahan ini PR kedua belah pihak sudah menjalankan fungsinya atau belum?

Pemerintah dgn one way communication tidak digubris masyarakat.Produsen minyak seperti tidak bereaksi menanggapi permasalahan ini,padahal permasalahan ini merupakan bagian dari community relations yang harus direspon secepatnya.

Kalau Anda tidak keberatan,dapatkah Anda membagi ilmu kepada saya,tentang management crisis yang harus dilakukan para produsen minyak itu? apakah dengan special event? atau forum dialog? kira2 apa yg seharusnya mereka rencanakan (planning)?

40. orlensi fanadia - 23 Mei, 2008

hiks..mbak, mas..lama nunggunya…….
<:,(

41. rumakom - 28 Mei, 2008

Salam dindy,
Maaf kami sempat offline beberapa waktu terakhir.
Soal kenaikan BBM kami kira bukan sekadar menjadi perhatian anda saja. Hingga akhir Juni nanti mungkin semua pemberitaan media akan didominasi tentang kenaikan BBM. Jika anda amati dalam diskusi di beberapa milis. Akan ada banyak pro kontra soal BBM. Dan percayalah, bukan lantaran karena kedangkalan ilmu humas sehingga melihat kenaikan BBM sebagai sebuah labirin. Persoalannya sederhana: semua pihak merasa tahu, merasa punya informasi, kemudian publik (baca: masyarakat) akhirnya mengalami information overload. Di antara belantara informasi tentunya akan membuat masyarakat semakin pandir sehingga tidak tahu mana informasi yang benar mana yang kurang benar dan mana yang mencari benarnya sendiri.
Kami sepakat bahwa semua pihak sudah menjalankan peran PR, sesuai dengan latar belakang masing-masing. Pasalnya semua bersitegang dengan pendapatnya sehingga dialog yang digagas pun hanya bersifat searah tak mengubah apapun, apalagi membangun sebuah kesepakatan bersama. Disinilah sebenarnya dibutuhkan keterampilan public relations bagaimana membawa kepada sebuah kesepakatan baru. Sederhananya: Tak perlu anda ikut pendapat saya A, anda boleh berpendapat B, akan tetapi kita tak boleh saling memaksakan. Mengapa tidak cari kesepakatan dengan memilih C!
Berkaitan dengan produsen minyak, kami melihatnya sebagai satu sisi yang untouchable. Bayangkan Pertamina yang miliknya pemerintah saja sudah berani menggunakan tags: Always There. Jadi itu mengukuhkan sisi untouchablenya.
Pasalnya di Indonesia mereka juga dilindungi oleh Undang-undang, dan berlindung di balik kontrak karya (anda coba pelajari masalah minyak). Sementara yang anda sebutkan sebagai bagian dari community relations, adalah undang-undang perseroan terbatas yang baru saja ditelorkan. Dan realisasinya masih dengan menggunakan paradigma lama. Pekerjaan rumah besar bagi para praktisi PR.
Management Crisis yang dilakukan produsen minyak, sebenarnya sudah ada standar internasional. Termasuk soal regulasi-regulasi tadi. Akan tetapi karena mereka hanya berkaitan dengan persoalan produksi, mereka bisa jadi tak tersentuh, sama sekali. Karena persoalan kenaikan harga juga dipengaruhi dengan masalah distribusi, yang di Indonesia masih juga banyak masalah.
In short, kami ingin katakan bahwa tidak semudah itu melihat kenaikan BBM lantas mengaitkannya dengan masalah produsen minyak atau perusahaan itu. Karena pasar minyak dunia sangat kompleks. Soal manajemen krisis pabrik minyak, kapan-kapan saya akan menuliskannya. Saat ini kami tengah mengumpulkan data di sebuah lapangan eksplorasi di Jawa Timur.

Salam

dst

42. rumakom - 28 Mei, 2008

Eyn, jika anda ingin mencari tentang hal tersebut anda bisa membaca bukunya Little John atau Em Griffin, semua tentang ringkasan teori komunikasi. Untuk model komunikasi massa, ada bukunya McQuail dan Windahl tentang Communications Models. Anda bisa merujuk dan memilih model itu.

Salam

dst

43. rumakom - 28 Mei, 2008

Dear Tuty, tolong anda pilih dan pilah dulu. Mana masalah komunikasinya. Yang anda sebutkan tadi adalah fakta yang terjadi di lapangan. Pilah dan pilih dulu hal itu sesuai dengan persepektif komunikasi.
Ada apa dengan unsur komunikasi yang ada. Apakah ada yang seharusnya tidak terjadi, atau bagaimanakah idealnya. Kesenjangan itulah masalah komunikasi nya. Misalnya, apakah ada strategi tertentu, entah dengan menggunakan media massa (beriklan) untuk menarik pelanggan, ataukah ia gunakan para pelanggannya untuk menarik pelanggan baru. Dari sisi teori apakah itu ada pembenarannya (dasarnya). Lantas apa yang unik dari lokasi yang akan anda teliti itu?

Salam

dst

44. rumakom - 28 Mei, 2008

Tika dari PR stikosa-AWS
Maaf semoga tugas anda sudah selesai. Istilah ekonomi Blue Chips harusnya dicari dibuku yang tepat. Di internet saja ekonomi blue chips mungkin anda bisa dapatkan dengan mengetikkan kata itu. Sepanjang pengetahuan kami pasti ada kaitannya dengan dunia bursa saham atau trading. Coba lihat kembali ke konteks penugasannya. Kalo dalam konteks PR, terkait dengan ekonomi blue chips, bisa dilihat dalam contoh nyata bagaimana Microsoft mencitrakan sebagai perusahaan yang ramah lingkungan atau peduli dengan pendidikan di negara berkembang. Lewat kampanye dan juga laporan ke pemegang sahamnya

Salam

dst

45. rumakom - 28 Mei, 2008

orlensi, kalau judul itu yang anda ambil anda bisa baca bukunya Frank Jefkins soal PR, atau tentang komunikasi organisasi. Kalau memang anda meneliti tentang pengaruh baiknya pakai kuantitatif, karena dasar pengukuran tentang iklim komunikasi dan motivasi kerja sudah ada di literatur tentang psikologi. Selamat berusaha

Salam

dst

46. rumakom - 28 Mei, 2008

untuk lia, anda bisa ikut milis perhumas atau PR Society di Indonesia, saya kira ada orang yang lebih kompeten untuk menjawab keingin anda untuk magang
Untuk Hary, hal yang sama termasuk maslaah budget dan hal lain yang spesifik itu anda bisa ikut milis public relations. Saya kira pakar yang lebih kompeten pasti ada jawaban disana.

Salam

dst

47. monik_ajalah - 9 Juni, 2008

hai, my name is monica.. hmm… seneng banget klo ada rumah kayk gini, tempat kita bagi cerita, aku dari Surabaya, jurusan public relations, yupZ, masih dibawah fakultas ilmu komunikasi ahha

uhum, dr Univ Kr Petra sby, tau?… cm mo bilang aja… met kenal buat semua anak komunikasi!

sayang dhe klo telat tahu rumah ini, kayak aku haha, “wis mau ne mari kuliha”

mo minta saran.. eh bukan, motivasi… supaya bsia punya blog sendiri? maksudku…. site yg bisa simpen tulisan2 ku spt site ini. skr model tulisan masi amburadul, kurang teoritis

aku pgn blajar buat analisa yang tajam thd fenomena komunikasi yang ada diIndo..

thx^^

48. Seftya Wilda - 20 Juni, 2008

Hai,,Salam Kenal Buat Semuanya,,
Saya Seftya Wilda, sekarang masih kuliah Di salah satu STIKOM di jakarta,,Mau kasih info dan ajak gabung untuk semua temen-temen yang tertarik sama dunia KOMUNIKASI,,khususnya PR,,http://www.kumpulpr.net/
Jangan Lupa yaa!!!

Sukses Buat semua ; )

49. pinkan - 20 Juni, 2008

Saya sudah liat website diatas,,ternyata bagus jg loh,,banyak info tentang dunia PR,,artikel2 ttg PR,,yaa semacemforum berbagi informasi ttg dunia komunikasi/pr,,

50. Nadia - 3 Juli, 2008

met siang..
saya nadia, mahisiswi FISIP UB jurusan PR. yang saya ingin tanyakan, apa bentuk dari rumakom ini sebenarnya. dalam arti, apakah berupa PR consultant atau hanya sekedar blog?
karena jika memang rumakom ini merupakan suatu konsultan PR atau merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang PR, saya sangat tertarik untuk bergabung mejadi bagian dari rumakom. Apakah rumakom ini menyediakan tempat magang untuk para mahasiswa yang ingin magang di tempat ini?
salam hormat dan terima kasih saya.
Nadia.

51. Nadia - 3 Juli, 2008

met siang..
saya nadia, mahisiswi FISIP UB jurusan PR. yang saya ingin tanyakan, apa bentuk dari rumakom ini sebenarnya. dalam arti, apakah berupa PR consultant atau hanya sekedar blog?
karena jika memang rumakom ini merupakan suatu konsultan PR atau merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang PR, saya sangat tertarik untuk bergabung mejadi bagian dari rumakom. Apakah rumakom ini menyediakan tempat magang untuk para mahasiswa yang ingin magang di tempat ini?
salam hormat dan terima kasih saya.
Nadia.
email : nadia_secioria@yahoo.com

52. Pipit / dewi - 5 Juli, 2008

assalamualaikum…
Bu Dewi n P’Taufik, Pa kabar ??

Minta tolong neh… he..he..
Aku lg ada tgs mat kul teori kommunikasi. Di suruh bikin pengelompokan teori. ak ud a bikin menurut kontekstual ( Kom Intrapersonal, interpersonal, kelompok, massa), Objektif/subjektif, kuantitas/ kualitas. selain itu bisa di mskin dalam kolompok apa lg ya?
jawab ke emailku langsung jg ok. dewi_hishmad@yahoo.com

thanks alot. Wassalam…

53. neni - 8 Juli, 2008

halo,
nama saya neni…saya lagi nyari teori untuk partisipasi masyarakat nih terhadap keberhasilan program CSR…ada yang bisa bantu ga kira-kira pake teori apa? apakah teori komunikasi organisasi bisa dipakai atau tidak ya? thanks!

54. DeYn - 28 Juli, 2008

Tolong donk… bagi yang tau info lowongan magang PR… Thx a LOT…
Email: DEny.86@hotmail.com

55. harry - 4 Agustus, 2008

Ass… gw Harry di palu mau tanya neh, ada yang bisa bantu proposal gw gak??? kira-kira teori komunikasi yang cocok dengan proses pembelajaran bagi anak tunarungu, gw mau mengkaji masalah komunikasi nonverbalnya… terus kira-kira ada gak buku yang secara detail membahas masalah tentang komunikasi nonverbal? Thanks… minta bantuannya yaaaa…

56. mth - 19 Oktober, 2008

Mohon maaf untuk semua juga baru bisa balas sekarang karena banyak hal perlu dikerjakan diluar jangkauan internet (gratis), tapi kami sekarang alhamdulillah sudah dapat akses yang cukup memadai.
Pisss!
Untuk Nadia dari FISIP UB (3 bulan yl), kami hanya kelola blog, jadi secara formal tidak bisa membantu anda untuk magang, doakan saja suatu saat nanti bisa jadi konsultan PR, sehingga bisa dijadikan tempat magang.

salam

mth

57. Diana PD.. - 29 Oktober, 2008

public dlm Public Relation itu seperti apa????

58. maiya - 22 Desember, 2008

mbak ewi, mas taufik,,pa kabar???
lama nggak ketemu sejak mas taufik nggak di Puskakom lagi…
mas, aq boleh join tulisan gak??? kali aja ada yang bisa di posting..

59. dws - 23 Desember, 2008

aduh maya, sorri banget kalau kami lupa. Tapi pasti dong boleh. Memang tujuan kami blog ini sebagai tempat sharing dengan konsep dialektika tentunya. Jangan sungkan n di tunda-tunda kirimnya he-he

60. dws - 23 Desember, 2008

untuk diana (okt yl) moga gak telat, berbicara public dalam PR terbagi menjadi dua bagian besar. Internal dan eksternal Publik. Intinya berbicara tentang pihak-pihak di dalam dan luar perusahaan/lembaga/lembaga yang perlu di jalin komunikasinya. Tulisan di blog bisa di lihat juga, ada Internal PR Perusahaan, juga ada Eksternal PR perusahaan.
Kalau diana mau cari bukunya di buku-buku dasar2 PR banyak membahas tentang ini. Rosady Ruslan, neni yulianita, maria sumpta, atau yosal iriantara. Coba deh cari buku-buku itu.
Salam

61. elda - 5 Januari, 2009

thq bgt untuk rumah komunikasi…info yg ada mbantu sy dlm tugas2 kuliah n nambah pgetahuan sy ttg pr…
ada yang saya mo tanyain ttg pr dan profesionalisme…
menurut anda bagaiman pr yang profesional???
thq…sy tunggu jwabannya..

mth - 7 Januari, 2009

untuk elda, PR yang profesional ya, yang paham dan melaksanakan profesinya. Tentu ada standar pelaksanaannnya.
Persoalannya ada standar konseptual dan ada standar praktis. Akan tetapi yang diakui oleh semua adalah panduan etika PR.
Ini mungkin yang bisa jadi salah satu tolok ukur porfesionalitas pr

salam

mth

62. dian - 5 Januari, 2009

ok bgt buat ruKom…..bisa undate info tentang perkembangan keilmuan di bidang ini …. sama seperti rekan lainnya, masih banyak yang gak paham itu PR — jd implementasi di lap kadang ngaco (baik implementasi atau dalam sturktur org) … gimana cara ya biar masy tahu apa itu PR & biar PR bisa eksis menjalankan tugasnya di masy (tampa da salah pengertian lagi tentang PR)

mth - 7 Januari, 2009

ya semoga melalui diskusi di milis dan berbagai forum lain orang bisa tahu dan berubah dalam memandang PR.
persoalannya memang kembali ke pemahaman masing-masing, contoh yang paling sederhana saja, dalam perspektif pemerintah.
Kebanyakan paradigma penyampaian infomasi masih kepada bukannya untuk,
hal itu yang membuat perubahan akan membutuhkan waktu dan energi…
yang terpenting kita coba ubah dan mewarnai dari diri kita sendiri…

salam

sukses selalu

63. yati - 8 Februari, 2009

Hai mba dewi..
aQ yati, aQ mau tanya donzk,.
aQ lagi nyusun skripsi tentang PR. yang mau aQ tanya ada ga sih teori yang menghubungkan PR dengan Produktivitas?
makasih ya Mba..
aQ tunggu loh jawabannya..
thanx yah..

64. M.S. Hadiarsa - 20 Maret, 2009

halo,,,
permisi,,
bolehkah saia bermain d rumah kalian sejenak,,,
di luar hujan,

saat membaca nama kalian, saia merasa senang, good feel.
perkenalkan saia aRSa.
mahasiswa STIKOSA-AWS, smester IV.
Jurusan PR.

2 minggu ini saia sdang fokus m mahami komunikasi artifaktual.
syukurlah, dgn rumah komunikasi saia dpt berteduh d kala panas dan hujan, sembari mengasah ilmu d perkuliahan,,,,,

salam kenal.

selanjutnya,, permisi saia mau mnanyakan,,
mbak dewi dan mas taufik – suami istri,,

kpn itu saia membaca d kompas, d rubrik urban-arsitektur : sebuah rmh d jak sel , unik, d huni oleh pasangan yg bprofesi d bidang komunikasi, apakah itu kalian ?,,,,

hehehehe,,,maaf ya keliru..

65. dwi - 24 Maret, 2009

hi,
salam kenal,,, informasi yang diberikan dalam blog rumah komunikasi, sangat bermanfaat buat saya,, thanks udh maw sharing,,,😉

salam,

66. hanny - 25 Maret, 2009

halo,salam kenal..
saya hanny, mhsw baru fis kom, ilmu nya sangat bermanfaat buat saya.
kalo ada yg tdk saya mengerti ttg materi kul di kamp. bantuin saya ya…pls…

67. mth - 26 Maret, 2009

Yth Kawan-kawan pengunjung blog kami…
Mohon maaf beberapa bulan terakhir kami jarang mengupdate dan merespons komentar dan pertanyaan secara langsung.
Namun percayalah kami senantiasa mengupdate dan melihat komentar dalam blog ini. Tak seperti politisi yang hanya berjanji, kami sedang mengumpulkan beberapa bahan untuk menjawab komentar itu secara langsung. Sepanjang kami pahami akan jauh lebih baik jika menuliskan jawaban secara langsung dalam bentuk posting, sehingga paling tidak akan membuat penanya bisa terpenuhi rasa ingin tahunya..
Salam

taufik

68. indiecalista - 6 Juni, 2009

salam kenal kawan2…
saya Jhody, PR Hotel Sahid Jaya Makassar… blog ini sangat membantu didalam memberikan referensi… sukses selalu

69. Alien Yuda - 25 Juni, 2009

hi…semua
Aku yuda dari ilmu komunikasi unmer malang
btw kalo bisa dikasi contoh2 nyata tugas PR dalam menyelesaikan sebuah masalah dalam suatu perusahaan…biar tambah nge jossss PRnya
yudaaquarius@yahoo.co.uk

70. Chike - 25 Juni, 2009

Weww,, BRAVO! Seneng bgt bisa ketemu blog ttg PR.. Kbetulan dulu juga aku kuliah di PR Fikom UNPAD. Untuk mba Dewi & Mas Taufik, ada yg mau saya tanyain nih,, 3 tahun terakhir ini saya bekerja di konsultan PR (msh PR muda nih mba, :p) tugas saya mostly menjalankan fungsi eksternal PR; berhubungan dgn klien, rekan2 media, publik, dan hal2 yg berhubungan dgn event of PR. Awal bulan July ini saya pindah ke kantor baru, dan tentunya menjabat sbg PR (PR is my passion soalnya, hehe..), namun di kantor baru ini, sebelumnya blm pernah ada divisi PR. Di satu sisi, ini peluang sekaligus tantangan bagi saya, namun di sisi lain, saya juga kurang berpengalaman dalam PR Internal, terutama yg berhubungan dgn karyawan dan stakeholder. Menurut mba & mas, apa sebaiknya langkah pertama yang harus segera dilaksanakan?? Thanks before ya mba / mas, Bravo PR!!

71. lafif thoyibie - 5 Agustus, 2009

saya pikir teori dan pandangan di sarjana 1 tidak sesuai dengan apa yang ada perkembangan PR di dunia tetapi seringkali masih tetap diterapkan, bagaimana pola pikir akademis,praktisi,dan pengusaha akan menilai berkembang yang sesuai apa yg diinginkan pada pejuang PR

72. firdha - 14 Agustus, 2009

Hai..
Ada referensi universitas yang bagus buat ngelanjutin S2 Public Relations? Please help me…
Thank’s ya..

73. ades batigol thea - 12 Oktober, 2009

ass. ni saya ades ,critanya jd mahasiswa baru PR d BSI, mohon bimbingan nya…

74. ahmed - 19 Oktober, 2009

gabung ya…

75. yusrizalfirzal - 21 Oktober, 2009

Ass.. saya yusrizal. saya senang dengan ilmu komunikasi. Skripsi saya juga tentang komunikasi. Di blog saya http://yusrizalfirzal.wordpress.com/, saya juga sering nulis tentang komunikasi. Boleh ya, jika suatu saat saya posting tulisan dari rumah komunikasi? Wassalam

Raden Intan - 14 Januari, 2011

minta artikel lg dong mas, buat tambahan TA saya 1 bln lg,, thx

76. dea - 23 Oktober, 2009

wah ternyata bekerja sebagai PR itu senang tapi sedih juga pokoknya PR never end gethoooooooooooooooooooo

77. pindriy - 12 Januari, 2010

fikom so good and so kind to me like all the rest off the family ill never forget my ffffffffffffffffiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikommm fikom fikom fiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikom so fikom so good and so kind to me like all the rest off the family ill never forget my ffffffffffffffffiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikommm fikom fikom dan seterusnya.

78. Duma - 20 Januari, 2010

Halo Mbak Dewi & Mas Taufik,

Salam kenal!

terima atas blog yg informatif.
Saat ini saya sedang mengambil kuliah PR dan ingin bekerja di PR Agency/Consultant.
Mungkin Mbak & Mas dapat membantu saya untuk merekomendasikan PR Agency/Consultant asing yg ada di Jakarta.

Ditunggu posting selanjutnya.

Salam,
Duma

79. SOFI - 8 Maret, 2010

Hallo teman2 rumah komunikasi. aku ada info event yang bagus banget ni untuk calon-calon PRO bahkan senior2 PRO,Eventnya yang buat jobsdb.com “PR and MARKETING FORUM” dengan speaker dari Talc Inc (Becky Tumewu, Erwin Paringkuan dan Alexander Sriwiyono).seminarnya diadain di bulan april tgl 15 dari jam 9 pagi-6 sore. klo mau ikutan dan daftar or mau tanya2 dulu bisa lewat ELDA 081392979976. or email elda@jobsdb.co.id

80. GADIS BASAHKUYUP - 13 Maret, 2010

HAY AKU ATA..AKU MAHASISWI KOMUNIKASI JUR PR… TULISAN INI BANTU BANGED DALAM NGERJAIN TUGAS2 DI KAMPUS. SO…THX YAH…
GBU…………..

81. immel - 12 Januari, 2011

Hi…aku immel salam knal smua yahh…
ak lagi susun 3 bab awal skripsi nih…
kapan2 ak share yahh…tq

Raden Intan - 14 Januari, 2011

hii,,lam kenal,, bagi2 yah share’nya untuk tambahan menyusun TA, makasih..

82. Raden Intan - 14 Januari, 2011

boleh minta artikel “pola kkomunikasi public relations” yg di buku dasar-dasar PR, Dr.Neni Yulianita. karena saya ada tugas untuk merangkum itu terima kasih,,, (Raden Intan).
tlg send by email yah, makasih bangett..

83. aidey - 26 Januari, 2011

blh bg sumber2 buku yg di rujuk?????

84. Rani - 20 Maret, 2011

Saya Rani.mahasiswa komunikasi universitas airlangga surabaya. ada informasi mengenai beasiswa ke luar negeri ga yah?
mohon infonya.terima kasih

85. Vie - 9 April, 2011

Alhamdulillah dapat nemu rumakom ini, saya mahasiswa komunikasi semester akhir. Sedang bingung nyusun skripsi nie..😦 kira2 disini ada info mengenai tempat konsultan PR/Humas ga? tks ya..

86. ervan - 19 Mei, 2011

hal2 yang tdk boleh dilakukan oleh seorang PR?

87. bhe - 9 Juni, 2011

mengapa PR yang membantu PT Krakatau Steel tidak tersentuh kode etik Perhumas atau kode etik PRSA??😦

88. jeje - 1 Juli, 2011

hi,,
aku mw nanya tentang PR politik ni, tentang pencitraan pr dalam dunia politik,
bisa tw ga referensi tentang pr politik??
makasihhh..

89. Pudjie - 11 Juli, 2011

Hi…
Aku mau nanya ada yang tau gak, nama2 perusahaan Public Relation atw communication counselor ?
Kalau ada yang tau please email in ke aku : kykacute@yahoo.com
Thanks ya…

90. Resti Maulina - 16 September, 2011

hai bu dewi… aku resti, murid ibu di mercu buana… waktu itu pernah kuliah malam diajar bu dewi (pengganti pak heri soskom)…. aku baru mampir ke blog bu dewi, bagus tulisannya sangat bermanfaat apalagi untuk mahasiswa/i PR… aku tertarik sama tulisan ibu, maka dari itu aku mau discuss untuk skripsi aku, walaupun masih draft…. aku berharap ada masukan, kritikan, dan saran dari bu dewi…. untuk itu saya minta alamat email ibu, terima kasih banyak bu🙂

Salam

91. desy astriani - 21 September, 2011

salam desy

ini ibu dewi sad tanti , yaa..
ibu aq mahasiswi mu di bsi , artikel nya sangat bermanfaat .thanks

92. Anab Afifi - 25 Oktober, 2011

Good point. Salam kenal. Semoga bisa saling bertukar informasi dan pengetahuan.

93. giliing - 7 Desember, 2011

Mau minta pendapat & saran boleh?
Background sy PR (Corp.Comm), namun saat ini sy bkerja di posisi MarComm (Marketing Communication) utk perusahaan principle IT. Posisi perusahaan sy sbg tangan pertama (di atas distributor) yg memegang license utk merk tertentu. Nah, krn sy sangat concern dgn Corporate Identity suatu perusahaan (sesuai background sy, hehe..) sy b’maksud utk menghandle branding perusahaan. Nah, yg membuat sy bingung:
1. Brand mana yg hrs sy kembangkan? Brand perusahaan atau brand dr produk2 yg dijual?
2. Dalam bisnis yg tergolong B2B smacam ini, apakah identitas perusahaan itu penting? Kalau iy, dlm hal apa?
NB: satu2ny yg menjadi ciri khas perusahaan adalah garansi resmi selaku principle yg ada pd smua produk yg dijual.

94. Anwar Fahmi - 13 Mei, 2016

Menggunakan media massa untuk berkomunikasi dan menyampaikan pesan klien secara efektif dan untuk khalayak yang tepat. Dengan memilih platform media yang berbeda untuk mencapai beberapa tujuan, kami memastikan bahwa setiap pesan yang disampaikan pada waktu yang tepat. http://synthesisindonesia.co.id/about/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: