Sejarah dan Perkembangan Public Relations


Humas kependekan dari hubungan masyarakat. Hal ini seringkali disederhanakan sebagai sebuah terjemahan dari istilah Public Relations (PR). Sebagai ilmu pengetahuan, PR masih relatif baru bagi masyarakat Indonesia. PR sendiri merupakan gabungan berbagai imu dan termasuk dalam jajaran ilmu-ilmu sosial seperti halnya ilmu politik, ekonomi, sejarah, psikologi, sosiologi, komunikasi dan lain-lain.

Dalam kurun waktu 100 tahun terakhir ini PR mengalami perkembangan yang sangat cepat.  Namun perkembangan PR dalam setiap negara itu tak sama baik bentuk maupun kualitasnya.Proses perkembangan PR lebih banyak ditentukan oleh situasi masyarakat yang kompleks.

PR merupakan pendekatan yang sangat strategis dengan menggunakan konsep-konsep komunikasi (Kasali, 2005:1). Di masa mendatang PR diperkiraan akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Pemerintah AS mempekerjakan 9000 karyawan di bidang komunikasi yang ditempatkan di United States Information Agency.  

Perkembangan Humas di Dunia

Dalam sejarahnya istilah Public Relations sebagai sebuah teknik menguat dengan adanya aktivitas yang dilakukan oleh pelopor Ivy Ledbetter Lee yang tahun 1906 berhasil menanggulangi kelumpuhan industri batu bara di Amerika Serikat dengan sukes. Atas upayanya ini ia diangkat menjadi The Father of Public Relations.

Perkembangan PR sebenarnya bisa dikaitkan dengan keberadaan manusia. Unsur-unsur memberi informasi kepada masyarakat, membujuk masyarakat, dan mengintegrasikan masyarakat, adalah landasan bagi masyarakat.

Tujuan, teknik, alat dan standar etika berubah-ubah sesuai dengan berlalunya waktu. Misalnya pada masa suku primitif mereka menggunakan kekuatan, intimidasi atau persuasi ntuk memelihara pengawasan terhadap pengikutnya. Atau menggunakan hal-hal yang bersifat magis, totem (benda-benda keramat), taboo (hal-hal bersifat tabu), dan kekuatan supranatural.

Penemuan tulisan akan membuat metode persuasi berubah. Opini publik mulai berperan. Ketika era Mesir Kuno, ulama merupakan pembentuk opini dan pengguna persuasi. Pada saat Yunani kuno mulai dikembangkan Olympiade untuk bertukar pendapat dan meningkatkan hubungan dengan rakyat. Evaluasi mengenai pendapat atau opini publik merupakan perkembangan terakhir dalam sejarah kemanusiaan.

Dasar-dasar fungsi humas ditemukan dalam revolusi Amerika. Ketika ada gerakan yang direncanakan dan dilaksanakan. Pada dasarnya, masing-masing periode perkembangan memiliki perbedaaan dalam startegi mempengaruhi publik, menciptakan opini publik demi perkembangan organisasinya.

Berikut gambaran kronologis PR di dunia:

Abad ke-19      :     PR di Amerika dan Eropa merupakan program studi yang
                                 mandiri didasarkan pada perkembangan  Ilmu 
                                 pengetahuan dan teknologi.
1865-1900    :     Publik masih dianggap bodoh
1900-1918    :     Publik diberi informasi dan dilayani
1918-1945     :     Publik diberi pendidikan dan dihargai
1925               :     Di New York, PR sebagai pendidikan tinggi resmi
1928               :     Di Belanda memasuki pendidikan tinggi dan minimal di
                             fakultas sebagai mata kuliah wajib.  Disamping itu
                             banyak diadakan kursus-kursus yang bermutu
1945-1968     :     Publik mulai terbuka dan banyak mengetahui
1968               :     Di Belanda mengalami perkembangan pesat. Ke arah
                              ilmiah karena penelitian yang rutin dan kontinyu.
                              Di Amerika perkembangannya lebih ke arah bisnis.
1968-1979       :   Publik dikembangkan di berbagai bidang,
                               pendekatan tidak hanya satu aspek saja
1979-1990       :     Profesional/internasional memasuki globalisasi dalam
                                 perubahan mental dan kualitas
1990-sekarang :     a. perubahan mental, kualitas, pola pikir, pola pandang,
                                  sikap dan  pola perilaku secara nasioal/internasional
                               b. membangun kerjasama secara lokal, nasional,  internasional
                               c. saling belajar di bidang politik, ekonomi, sosial budaya,
                                  Iptek, sesuai dengan kebutuhan era global/informasi

Asal Mula Istilah

Pengertian :

  1. Hubungan dengan masyarakat luas baik melalui publisitas khususnya fungsi-fungsi organisasi dan sebagainya terkait dengan usaha menciptakan opini publik dan citra yang menyenangkan untuk dirinya sendiri (Webster’s New World Dictionary)
  2. Fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijaksanan dan prosedur seorang individu atau organisasi berdasarkan kepentingan publik dan menjalankan suatu program untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan publik (Public Relations News)
  3. Filsafat sosial dan manajemen yang dinyatakan dalam kebijaksanaan beserta pelaksaannya yang melalui interpretasi yang peka mengenai peristiwa-peristiwa berdasarkan pada komunikasi dua arah dengan publiknya, berusaha memperoleh saling pengertian dan itikad baik (Moore, 2004: 6).

Public Relations yang diterjemahkan menjadi hubungan masyarakat (humas)  mempunyai dua  pengertian.  Pertama,  humas dalam artian sebagai  teknik komunikasi  atau  technique   of communication dan kedua,  humas sebagai  metode komunikasi atau  method of communication (Abdurrahman, 1993: 10).  Konsep Public Relations sebenarnya berkenaan dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan, dan melalui kegiatan-kegiatan tersebut akan muncul perubahan yang berdampak (lihat Jefkins, 2004: 2).

Public Relations menyangkut suatu bentuk komunikasi yang berlaku untuk semua organisasi (non profit – komersial, publik- privat, pemerintah – swasta). Artinya Public Relations jauh lebih luas ketimbang pemasaran dan periklanan atau propaganda, dan telah lebih awal.

Dewasa ini, Public Relations harus berhadapan dengan fakta yang sebenarnya, terlepas dari apakah fakta itu buruk, baik, atau tanpa pengaruh yang jelas. Karena itu, staf Public Relations dituntut mampu menjadikan orang-orang lain memahami suatu pesan, demi menjaga reputasi atau citra lembaga yang diwakilinya.

[dewi] 

Bahan Bacaan :
Abdurrachman, Oemi. 1993. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Citra Aditya Bakti
Effendy, Onong Uchjana. 1999.  Hubungan  Masyarakat.  Suatu   Study  Komunikologis. Cetakan ke lima. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jefkins, Frank dan Daniel Yadin. 1996. Public Relations. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga
Kasali, Rhenald. 2005. Manajemen Public Relations. Jakarta: Grafiti
Moore, Frazier. 2004. Humas, Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: Rosda.

114 pemikiran pada “Sejarah dan Perkembangan Public Relations

  1. kata pepatah sesama pencontek dilarang saling mendahului. Kawan, jika punya bahan-bahan yang ingin dibagi dalam blog ini sebagai media belajar kita bersama silahkan dikirim melalui e-mail.

  2. Jawaban apa yg dapat memberikan penjelasan ttg penting nya belajar PR ? krn saya sangat miris, ketika saya ambil S2 Komunikasi Jurusan PR, beberapa org dengan sinis menanyakan “PR aja pake S2 ?” … dan saya hanya tersenyum …. seraya menambahkan “Namanya juga belajar” … Pls share. tks

  3. Untuk Siti: wah soal definisi ini mesti buka kamus dulu. Sepanjang kami tahu, konsep PR nya sama, cuma beda konteks. Jika internasional itu mencakup kewilayahan (misalnya Moore mencontohkan perusahaan yang memiliki beberapa jaringan usaha internasional atau negara-negara dalam konteks hubungan dalam komunitas internasional).
    Jika PR perusahaan ya jelas terkait dengan upaya sinergis dan sistematis sesuai dengan konteks kebutuhan perusahaan/institusi. Untuk jelasnya coba anda baca di bukunya Onong Uchyana atau Franks Jefkins.

  4. Untuk Yuni:
    Jika yang ditanya sudah pernah menjalani pendidikan PR paling simpel ya bisa cerita apa yang didapat dari pendidikan itu baik personality ataupun skill yang dimiliki -meski tak didapat di bangku sekolahnya-. At least akan ada perubahan cara berpikir dalam menghadapi setiap hal. Cuma ya dilihat dulu siapa yang tanya ya? Ya akhirnya hanya satu alternatifnya: Say it with his own word!

  5. iya nih tugas ospek…jangan dunia mulu..pengen juga sejarah n perkembangan PR di Indonesia..saya cari2 biasanya cuma sepotong-potong doank..PLISSSSS

  6. yakin cuma gini doang sejarah&perkembangan PR ny. . .
    haduuuu. . .
    tambah lagi doooooong. . .
    esp. d Indonesia yaaaa. . .
    thx. . .

  7. dengan sangat hormat, saya ingin bertanya tentang masalah teori pr kepada rumah komunikasi?mohon dibantu, apa saja 20 teori pr??terima kasih.

  8. aku bingung nieh….fakultas hub.internasionl untk massa depan bakal menjanjikan g y?bwt orng yangg banyk penglaman tntng politik?
    dibandingkan dengan FIKOM??

  9. Mbak Tia, semua jurusan pada dasarnya menjanjikan. Soal hubungan internasional kami kira cukup besar juga. Persoalannya untuk menjadi dubes itu ada perjalanan panjang karir dan sistem diklat tersendiri di Deplu. Teman-teman kami dari HI banyak yang bekerja di LSM internasional. Fikom juga cukup menjanjikan. Persoalannya satu: kembali ke orangnya. Apakah bisa mengembangkan kualifikasi kompetensi, punya jaringan dan mampu cerdas mengambil peluang.
    Salam….

  10. katanya jurusan humas menjanjikan ya???? tapi kenapa ktanya kok malah banyak yang nganggur setelah selesai kuliah???? saya jadi takut ni jangan-jangan saya akan jadi salah satu mereka, oh ya thks rumah komunikasi atas informasi yang telah diberikan , tetapi kurang lengkap ni!!!!

  11. Waduh, kalo soal pengangguran usai kuliah itu agak repot menjawabnya. Pasalnya, untuk kerja dan berusaha mandiri, tak cuma butuh modal ijazah. Ada kompetensi personal, ada pula track record pengalaman. Ini yang harus pintar-pintar diasah semasa kuliah (bukan dari bangku kuliah saja). Salam

  12. sejak nabi Adam lahir ampe sekarang sebenernya lembga dan pendidikan itu sudah ada,cuma blom berkembang aza…..nah,di Zaman sekarang lah pendidikan mulai di kenbangkan…

  13. makasih ya udah bantu aku buat cari tugas perkembangan PR…..
    Tapi di Indonesia kog gag ada iia…

    Di mana aku bisa cari….
    Bingung enaknya ambil PR/bussines communications ya….

  14. hi….for all my friends, maw mnta tlng nie blh g???? aw pnya tgs dsuruh cari SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU KOMUNIKASI,, ad yang tau g? thx be 4 y friends

  15. guys,,,,gw jg mau duwnks ditolongin….
    gw lg ada tugas PR jg nich,,,about teori-teori Public Relations….
    help me yups…

    teng_Q guys….

  16. excelent analysis, thanks for informations…this is improve overall communications skills within the context of a Network PR. terimakasih!!!

  17. fa pgen jadi PR….ada yang bisa ngebantu???
    fa msh smstr tiga di salah satu univ di yogya…
    pi ga ada hubungannya ma PR
    tp sejak smp dulu aq pengan bgt jd PR

  18. ooh…thnk’zZ buanget ya…dah bntu kasih rferensi buat tugas PR ku… meskipun kurang lngkap,tapi nanti saya cari tambahannya lagi dech… Ntar kalo da tugas lagi, saya tanya ke rumakom lagi ye…

  19. Rumakom, bisa tolng penjelasan tentang encroachment dalam public relations? Sy bth bnyk informasi tentang ini.

    conthnya seperti apa, cr mengatasinya bgmana. Kalo d liat jaman skrg apa encroachment tuh masih bnyk terjadi apa ga.

    pls help me
    thx a lot b4

  20. Mas Taufik & Mbak Dewi salam kenal ^^

    Q agak bingung ne mslah PR lagi dan lagi..
    Kedudukan PR di dalam suatu organisasi tu apa c?
    Truz fungsi PR dalam organisasi..
    n contoh praktek atau job description dari PR itu ndiri..

    sebelumnya thx yaa mbak+mas nya ^^

  21. sy nak PR,ada tugas riset public relations ,mohon batuannya donk,yang punya bahan kirim ke sy ya pleaseeeeeeeeee?

  22. Thx ataz infonya,yaa.. Tp saya msh bingung sama maksud dr
    PR sbg teknisi komunikasi dan metode komunikasi.
    Bisa tolog bantu di jlsin,gak?
    Maksudnya apa n contohnya gmn?
    Thx..

  23. saya jg masih kurang mengerti arti PR itu secara mendetail.
    saya juga mengambil TA(TUGAS AKHIR) saya mengenai publik relation
    makaci atas keterangan nya,

  24. klo indikator-indikator dalam PR tu apa aja siy rumakom trus klo bisa cantumin jg ya menurut sapa,buku apa, halaman berapa??
    buat matriks skripsi niy,please…………………………….
    thnx b’fore

  25. hi.. aku vivie, aku mo minta tolong dunk..
    aku ada tugas tentang

    “jelaskan kedudukan PR dalam ilmu komunikasi”

    tolong aku iaa… tkz b4 =D

  26. dugh… PR bkan segampang yang aku kira…
    plizzz bntu q tuk lbih ngenal PR LEBIH DALAM LAGI

  27. dlihat dari beberapa pngertian pr itu sendiri,sejauh ini fungsi pr itu sendiri seperti apa dan seperti apa esensinya…terima kasihhh

  28. kayanya cerita tentang Ivy Lee ga sesingkat itu, bisa tolong lebih di detailkan cerita tentang Lee yang menangani mslh kelumpuhan industri batu bara

  29. bisa tolong jelaskan apakah istilah PR dan humas itu sama? apa persamaan dan perbedaan dari kedua konsep tersebut? Apakah tepat jika kita menggunakan istilah hubungan masyarakat?

  30. saya dapat tugas presentasi ttg PR ORGIN and EVOLUTION.. bisa share banyak info ttg PR laggi nggakk yaa ?? makasihh …

Tinggalkan komentar