External Public Relations Perusahaan


Hubungan dengan publik diluar perusahaan merupakan keharusan yang mutlak. Karena perusahaan tidak mungkin berdiri sendiri tanpa bekerja sama dengan perusahaan yang lain. Karena itu perusahaan harus menciptakan hubungan yang harmonis dengan publik-publik khususnya dan masyarakat umumnya.

Salah satunya dengan melakukan komunikasi dengan publik ekstern secara informatif dan persuasif. Informasi yang disampaikan hendaknya jujur, teliti dan sempurna berdasarkan fakta yang sebenarnya. Secara persuasif, komunikasi dapat dilakukan atas dasar membangkitkan perhatian komunikan (publik) sehingga timbul rasa tertarik.

Masalah yang perlu dipecahkan dalam kegiatan external public relations meliputi bagaimana memperluas pasar bagi produksinya, memperkenalkan produksinya kepada masyarakat, mendapatkan penghargaan dan penerimaan dari publik maupun masyarakat, memelihara hubungan baik dengan pemerintah, mengetahui sikap dan pendapat publik terhadap perusahaan, memelihara hubungan baik dengan pers dan para opinion leader, memelihara hubungan baik dengan publik dan para pemasok yang berhubungan dengan operasional perusahaan dan mencapai rasa simpatik dan kepercayaan dari publik dalam masyarakat.

Tindakan-tindakan yang harus dilakukan external public relations seperti :

  • Menganalisa dan menilai sikap dan opini publik yang menanggapi kebijaksanaan pimpinan perusahaan dalam menggerakkan pegawainya dan menerapkan metodenya
  • Mengadakan koreksi dan saran kepada pimpinan perusahaan, terutama kegiatan yang mendapat sorotan atau kritikan publik
  • Mempersiapkan bahan-bahan penerangan dan penjelasan yang jujur dan objektif agar publik tetap memperoleh kejelasan tentang segala aktivitas dan perkembangan perusahaan
  • Ikut membantu pimpinan dalam hal menyusun atau memperbaiki formasi staf ke arah yang efektif
  • Mengadakan penyelidikan atau penelitian tentang kebutuhan, kepentingan dan selera publik akan barang-barang yang dihasilkan perusahaan.

[dst]

45 pemikiran pada “External Public Relations Perusahaan

  1. kegiatan eksternal yang lebih dilakukan oleh seorang PR itu biasanya apa saja, dan apabila PR atau Humas pemerintah pa banyak pula yang bisa dilakukan dalam kegiata internal???

  2. Klasifikasi relasi publik eksternal mencakup pengembangan hubungan dengan pelanggan, komunitas, pemerintah, dan media massa. Bentuknya bisa beragam, sesuai dengan konteks publik yang dihadapi. Untuk media massa misalnya bisa berupa konferensi pers, press briefing, press tour, press release, special event, press uncheon, atau wawancara pers. Kalau untuk komunitas dan pemerintah bisa berbentuk anjang sana, kirim kalender, agenda, berkala organisasi dan bahan publikasi lain, kartu lebaran/natal, ucapan selamat, pernyataan belasungkawa, sampai penyelenggaraan pertandingan olahraga persahabatan.
    Tentang kegiatan internal PR pemerintah dalam pandangan kami banyak kerja yang bisa dilakukan. Akan tetapi belum digarap maksimal. Ini karena adanya paradigma PR yang belum berubah. Satu contoh kelemahan selama ini, ada potensi besar yang bernama PNS tidak dioptimalkan sebagai bagian strategi humas pemerintah. Padahal dalam konteks masyarakat fungsi dan peran mereka (khususnya di kawasan luar jawa) cukup besar.

    salam
    mth

  3. sebenernya peran Pr akan lebih kompleks di sebuah perusahaan..namun, kalo dari government kayaknya nggak deh.. PR kurang diberdayakan di indonesia. patah khan?

  4. Untuk ev, saya malah berpikir sebaliknya. Kegiatan PR di pemerintah jauh lebih kompleks, karena bertarung dengan paradigma PR yang masih cenderung diseminasi bukannya komunikasi timbal balik.

    Untuk Dasi,
    beberapa buku PR mungkin ada yang membahas, terutama bagaimana yang menyiapkan event. Secara sederhana event dalam konteks PR adalah ditujukan untuk mendukung kegiatan lembaga baik dalam hal marketing atau pencitraan. Jika special event, menurut saya bisa jadi muncul karena ada masalah yang sangat urgen dan membutuhkan event tersebut, misalnya ketika ada isu ketidakamanan penerbangan maskapai tertentu, kemudian PRnya membuat special event di televisi dan off air.

    salam

    mth

  5. dalam pandangan saya bisa juga, tergantung perspektif mana yang lebih muncul. Saran saya lakukan dulu identifikasi publik organisasi dimana PR itu ada.
    salam

  6. menurut mba, apa yang bisa kt lakukan kalau peusahaan yang saya kerja belum ada PR nya? apa langkah2 yang harus saya lakukan. masalahnya saya baru masuk kerja. dan saya ditempatkan bukan pada bidang saya. saya pr, tapi daya ada dibagian penyediaan.

  7. Irna Wulandari, pada dasarnya semua orang yang ada dalam perusahaan adalah PR. Pernah ada diskusi dalam kelas, apakah PR itu pekerjaan yang sifatnya fungsional ataukah struktural. selama ia bisa berfungsi dengan baik tentu tak masalah dalam struktur manapun, akan tetapi kendala dalam perusahaan jika salah penempatan struktur maka akan ada hambatan pada pembiayaan (budgeting). Karena pada dasarnya PR adalah cost center, selalu mengeluarkan biaya, dengan hasil dan produk yang intagible, tak terlihat namun sangat berperan juga dalam faktor produksi dan distribusi ke konsumen.

    Salam

    dst

    1. Wah, bararti orang2 yang ada dalam internal perusahaan merupakan kepanjangan tangan dari perushaan itu sendiri, bang ?

  8. Mba’.. Sy Rani mhs PR UGM, lg btuh refrensi bwt TA tentang aktivitas internal & eksternal PR apa saja?! Khususnya aktivitas eksternal PR..
    Mhon blsNx k email sy aj y mba’..
    Matur Tengkyu sanget njeh mba’..

  9. pleazZze…….kasih tau aq tentang definisi sosialisasi humas & media sosialisasi humas,definisi eksternal humas serta kegiatan ekternal humas khususnya humas pemerintah. tlg cantumkan referensi buku tentang pembahasan diatas y mba…coz aq butuh bangetz untuk bahan T.A nehH…
    B4 makacehhhhhhhhhhhhhhhh buaaaaaaaaaanyak bgt
    pleazZe…………………..bls secepatnya

  10. mba saya butuh referensi tentang bentuk-bentuk special events dari public relations itu apa saja…
    trima kasih y sbLumnya…bLs secepatnya….

  11. Mba’
    q lg nyari bhn utk mading d kampuz nih,ntr lg mw deadline…
    kbtln temanya ttg PR,,kr2 utk d lingkungan kampus,apa2 ja yg msk kdlm PR?,,khususnya aktifitas Eksternal nya?!oh ya,tips spy sukses jd PR yg inovatif ,kreatif,,pa2 ja mba’?

    trus,,kr2 topik ttg PR ne,ngebosenin gak sih?
    gmn crnya,,spy topik ni enQ d bc,,n bs jd pembangun semangat bg Qmi2 yg msh kuliah…

    maaf y mba’bnyak nanya,soalnya q lum ngerti bgt ttg PR,,
    n semoga penjelasan dr mba’bs m’bwt q n tmn2 ngerti apa tu PR..
    n semoga lahir PR yg berkualitas…
    thank u mba’,,cpt d bls y mba’

  12. mb” bisa minta referensi nya ttg customer relations n bolh mnt model2 teori komunikasi nya yg pas u pelayanan ga??mohon di bls

    thx before “,

  13. mb” bisa minta referensi nya ttg customer relations n bolh mnt model2 teori komunikasi nya yg pas u pelayanan ga??mohon di bls

    thx before “,

    tolong krmn aku k email ku aj ya

    mksh …

  14. Mbak sy mhsiswa unmul,smstr akhr,,sy mw nx apa aza aktivitas internal PR tUch?N y6 trmsuk dlm internal PR tUch apa z..SatU Lg mbk,lo cra2 intrnal PR dlm mMpRthankan hub y6 hrmNis gmN Apa z y?MhoN diblaz y mbk.Ke email sy z.Thankx

  15. selamat sore rumakom.
    saya bingung ni. sy kn uda selesai Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di salah satu hotel di jogja.
    sekarang sy lg bikin laporannya.
    oia, u info judul KKL sy ‘aktivitas hubungan media oleh PR dalam mempertahankan hubungan baik dengan media’.
    nah yg sy bingung, bagaimana atau dari mana harus memulai pembahasan dan analisanya. poin2 apa saja yang harus saya bahas, terus terang saya masih bingung bagaimana cara menulis penulisan ilmiah.bagaimana cara menulis secara sistematis dan terlebih lagi saya benar2 bingung cara membuat laporan saya.hiks.

    mohon balasannya ke email saya saja yah rumakom.

    makasssiiii banget atas bantuannya.

  16. aku binund baneed ada tgas kya pra TA gtu dsuruh buad kya TA kuantitatif n kualitatif , n aku binund nyari judul kuantitatif ??
    n referensinya ..
    aku ambil prodi public relations ..
    pliss mohon bantuannya ..
    k email ku ajj yyah .

  17. tolong baned mbak dbls cpeed ..
    soalnya tgl 1des udaa musti d kumpul . hhe*
    aku c udaa dped judul kualitatif ttg
    1.salesman membantu kinerja pr dalm pembentukan citra perusahaan.
    2.ttg radio community yg ada d unj gtu tapi aku binund ngembanginnya ..
    tlg bantuannya yyah mbak .
    tq yyah

  18. MBAK, SY MAU TNY. . .
    MENGAPA PRIBADI SEORANG PR DIANGGAP MEMBINGUNGKAN??
    SAMPAI DETIK INI SY BLM BISA MENJAWABNYA. .

    LALU SEBENARNYA PR RELATIONS ITU SENDIRI BAGAIMANA??
    APAKAH TERBATAS PADA INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN SJ???

  19. MBAK, SY MAU TNY. . .
    MENGAPA PRIBADI SEORANG PR DIANGGAP MEMBINGUNGKAN??
    SAMPAI DETIK INI SY BLM BISA MENJAWABNYA. .

  20. saya bingung ni,,
    gMn si mBak,,bWt pRoposaL majalah inteRnaL perUsahaan???
    ni tGs penulisan Humas,,toLong si!!!deAdliNe Niiiiiii

  21. Mba,saya mhswa PR unikom… boleh minta jelasin tentang jurnal internal itu apa?jenis nya berupa apa saja?dan untuk apa?trimakasih…
    Tolong kirim ke alamat email saya ya mba..
    Makasih…

  22. Mba saya mhsiswi PR unikom,saya minta tlg jelasin apa itu jurnal eksternal,jenisnya berupa apa aja,cara membuatnya dan fungsinya…
    Makasih bnyak

  23. aetiap perusahaan pasti memiliki mekanisme pelayanan keluhan konsumen apakah hak-hak konsumennya di publish? misal, di Internet?

  24. mba, help me,,,,,,, saya mahasiswa lp3i, saya minta bantuan mba donk, saya dikasih tgas am dosen tentang hubungan humas diperusahaan. tlong y mba,,,,,,,,,,,,, please

  25. saya hamdan mahs UIN suska sultan syarif kasim Pekanbaru Riau….
    aku lagi pusing ni…..
    aku disuruh buat tugas manajemen PR….tentang krisis dan manajemen krisis….dan cara penyelesayan tugas PR disertai dengan contoh yang kongrit ni…..

  26. saya hamdan mahs UIN suska sultan syarif kasim Pekanbaru Riau….
    aku lagi pusing ni…..
    aku disuruh buat tugas manajemen PR….tentang krisis dan manajemen krisis….dan cara penyelesayan tugas PR disertai dengan contoh yang kongrit ni…..kalau ada informasi sms aja ke 081276243456 sekalian mau cari teman…anak PR di seluruh indo

  27. mba.. aq lagi mwu nyusun ta ni,, aq masi bingung masalah judul nya.. aq mau membahas masalah perusahaan sebuah minuman dapat mengusai pangsa pasarnya di setiap event.. judul yg bagus app yh mba untuk pr nya… thx mba .. aq tunggu yh ke email ku…

  28. mba / mas

    mohon info refrensi buku tentang sosialisasi program humas

    lagi kebingungan cari bukunya belum dapet2 juga

    trimakasih sebelumnya

  29. mba saya mahasiswa unmul ilkom ,yg saya pengen tanyakan apa si pengertian,ersamaan,perbedaan media internal,eksternal,umum?trmakash

Tinggalkan komentar